telkomsel halo

Strategi Korporasi

Ebay akan Spin off PayPal

08:56:06 | 01 Okt 2014
Ebay akan Spin off PayPal
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – eBay Inc memutuskan untuk memisahkan (spin off) PayPal pada tahun 2015 agar menjadi lebih kompetitif di pasaran pembayaran elektronis seiring mulai melambatnya bisnis e-commerce.

"Kami merasakan ada beberapa hal yang telah berubah. Sistem pembayaran untuk e-commerce akan naik tiga atau lima tahun mendatang,”ungkap Chief Executive Officer eBay John Donahoe seperti dilansir Reuters (30/9).

Menurut Pria yang akan mundur dari jabatannya setelah spin off terjadi, dengan memisahkan PayPal, bisnis pembayaran elektronis akan maju sedangkan ebay akan lebih fokus serta bergerak lebih cepat menangkap peluang yang ada. CEO dari PayPal nantinya akan dijabat mantan Head of American Express Co Online, Dan Schulman.

Sedangkan tampuk pimpinan eBay  dipegang Devin Wenig. Saham eBay langsung naik 8,8% setelah pengumuman ini atau berada di posisi US$ 56,63.

Pemisahan PayPal ini diyakini menjadikan sistem pembayaran tersebut akan lebih terbuka dan bisa memperluas pangsa. PayPal dibangun pada 1990 dan komersial pada 2002, diakuisisi eBay setelah itu senilai US$ 1,5 miliar.

Wacana pemisahan ini sudah mengapung sejak 2008 ketika eBay memutuskan menjual  Skype. Banyak analis memprediksi dilepasnya PayPal membuka peluang akuisisi akan terjadi terhadap layanan ini dari perusahaan teknologi lainnya. Bahkan, akuisisi juga bisa terjadi terhadap eBay yang memiliki kapitalisasi pasar US$ 65,36 miliar.

Selama ini bisnis pembayaran di eBay berkontribusi 40% bagi total pendapatan. Pendapatan dari unit marketplaces dan enterprise naik 10% menjadi US$ 9,9 miliar selama empat kuartal terakhir. Sedangkan pendapatan PayPal naik 19% menjadi US$ 7,2 miliar sepanjang empat kuartal terakhir.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year