telkomsel halo

Ekspansi Bisnis

Alibaba Kantongi Izin Dirikan Bank

10:00:04 | 30 Sep 2014
Alibaba Kantongi Izin Dirikan Bank
Ilustrasi (dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Langkah Alibaba kian agresif pasca mencatat rekor di bursa saham Amerika Serikat.

Dilansir Reuters (29/9), regulator perbankan Tiongkok atau China Banking Regulatory Commission (CBRC) mengungkapkan pemain e-commerce ini telah mengantongi izin untuk memiliki bank.

Kabarnya, Alibaba akan menjadi pemilik mayoritas dengan 30% saham dari bank yang akan didirikan di bagian timur propinsi Zhejiang. Alibaba bermain di luar e-commerce telah terlihat dengan produk Yuebao dimana menawarkan return yang lebih baik dibandingkan bunga deposito.

Bank yang didirikan Alibaba juga akan diperkuat konglomerat Fosun dengan kepemilikan saham 25%,  Wanxiang Group (18%), dan perusahaan investasi Yintai (16%). Masuknya Alibaba ke perbankan telah ditunggu Tencent yang juga mendapatkan lisensi di industri keuangan.

Alibaba setelah tercatat di New York Stock Exchange berhasil mendapat pasokan dana segar sekitar US$ 25 miliar. Setelah melantai di bursa Amerika Serikat, Alibaba membeli Beijing Shiji Information Technology yang selama ini dikenal sebagai penyedia solusi Teknologi Informasi (TI) bagi industri perhotelan.  Sekitar 15% saham perusahaan tersebut ditebus senilai US$ 457 juta.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year