telkomsel halo

Genjot Kontribusi Data, Indosat Hadirkan Kecepatan 42 Mbps

15:45:31 | 06 May 2014
Genjot Kontribusi Data, Indosat Hadirkan Kecepatan 42 Mbps
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) - PT Indosat Tbk (ISAT) menepati janjinya untuk menghadirkan kecepatan akses internet hingga 42 Mbps guna meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan.

"Kami menghadirkan mobile broadband dengan kecepatan hingga 42 Mbps terluas dan stabil di Jabodetabek, Bandung, Sukabumi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, serta menyusul kota lainnya di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi pada  Juli. Ini buah modernisasi jaringan yang telah dilakukan sejak tahun lalu," ungkap President Director & CEO Indosat Alexander Rusli di Jakarta, Selasa (6/5).

Dijelaskannya, jaringan baru Indosat mengimplementasikan DC HSPA+ guna menjamin pelanggan dapat menikmati berbagai pengalaman menggunakan layanan data seperti streaming acara televisi live dengan lebih lancar, mengunduh berbagai file lebih cepat, dan lainnya.

"Smart devices sekarang banyak yang sudah bisa digunakan di jaringan DC HSPA+. Kita keluarkan kartu perdana khusus dengan masa aktif tiga bulan berkuota 3GB tanpa batasan waktu. Bagi pelanggan lama bisa berlangganan paket Super Internet 8GB," ungkapnya.

Diharapkannya, implementasi dari teknologi baru di jaringan bisa menggenjot kontribusi layanan data bagi total omzet perseroan di masa mendatang. "Sekarang kontribusi layanan data ke pendapatan itu sekitar 20% hingga 30%, kita maunya tiga tahun mendatang bisa menjadi 50%. Modernisasi ini bisa menekan efe gunting dari trafik data yang besar tetapi memberikan pendapatan kecil," jelasnya.

Ditambahkannya, dengan modernisasi jaringan dari sisi pengelolaan menjadi lebih efisien di beban operasional, churn rate bisa ditekan, dan ada kenaikan di sisi konsumsi pengguna. Kabarnya, dari sisi harga BTS baru yang dipasang Indosat lebih murah 25% hingga 50% dibanding membeli BTS dengan standar lama.

"Kalau layanan stabil, pelanggan tidak akan pindah. Kita memang harapkan trafik data naik, untuk suara walau pertumbuhan lambat, minimal bisa mendapatkan kualitas layanan bagus," katanya.

Dalam catatan, Indosat tahun ini memiliki belanja modal sekitar Rp 8 triliun. Sekitar 70% dari belanja modal dialokasikan untuk modernisasi jaringan.Kegiatan modernisasi ini mencakup peningkatan BTS 2G ke BTS 3G, bahkan 4G.(id)

 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year