telkomsel halo

Telkom Rintis Clearing House Transaksi Kesehatan

10:18:08 | 18 Apr 2014
Telkom Rintis Clearing House Transaksi Kesehatan
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) tengah merintis layanan clearing house bagi transaksi kesehatan di Indonesia yang selama ini terfragmentasi karena terlalu banyaknya pemain.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini adalah  Paperless Claim sebagai layanan claim asuransi berbasis elektronik antara rumah sakit dengan perusahaan asuransi.

Layanan ini diperkenalkan di RS. Mayapada Tangerang kamis (17/4). Pemicu munculnya layanan ini karena kebutuhan pengelolaan data klaim asuransi kesehatan yang saat ini trafiknya semakin banyak, dan meningkat karena Jaminan Kesehaan Nasional (JKN) bagi seluruh rakyat Indonesia oleh BPJS Kesehatan per 1 Januari 2014

“Ini merupakan cikal bakal bagi clearing house transaksi kesehatan di Indonesia,” kata Eksekutif dari Divisi Convergence Solution Telkom Herry Sartono Hamidjaja, kemarin.

Menurutnya, Telkom  telah berpengalaman mengelola data dalam jumlah besar dan telah menjadi clearing house transaksi perbankan. Layanan paperless claim ini akan membuat pengiriman data klaim asuransi kesehatan dari rumah sakit ke perusahaan asuransi bisa lebih cepat karena semua berbasis elektronik sehingga verifikasi dokumen tagihan oleh perusahaan asuransi akan lebih cepat, 

Rencananya, layanan Paperless Claim ini akan diterapkan secara bertahap dimulai di wilayah sekitar Tangerang, disusul rumah sakit di Jabodetabek dan selanjutnya akan diterapkan di seluruh rumah sakit di Indonesia.

Sebelumnya, Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Komunikasi Indonesia (MIKTI) mengatakan pasar penggunaan teknologi informasi (TI) dalam dunia kesehatan (e-health) di Indonesia masih terfragmentasi karena belum adanya roadmap di industri kesehatan.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year