telkomsel halo

Buka Pabrik di Jakarta, Foxconn Dekati Operator

21:58:26 | 03 Mar 2014
Buka Pabrik di Jakarta, Foxconn Dekati Operator
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Foxconn bergerak cepat menggarap pasar perangkat di Indonesia pasca ditandatanganinya kesepakatan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun pabrik.

Para petinggi dari Hon Hai Precision Industry Co Ltd atau Foxconn kabarnya mulai bergerilya ke sejumlah operator guna menjajaki kerjasama.

“Kami memang ada bertemu dengan orang-orang dari Foxconn beberapa waktu lalu. Hanya sebatas perkenalan dan menjajaki kerjasama saja,” ungkap President Director & CEO Indosat Alexander Rusli di Jakarta, belum lama ini.

Diungkapkannya, dalam pertemuan itu Foxconn menyatakan akan membangun pabrik di Indonesia dan akan menghasilkan smartphone dengan harga terjangkau. “Kita ngobrol-ngobrol saja kemungkinan yang bisa dilakukan. Bagi Indosat yang penting harga smartphone murah dan berkualitas agar jaringan 3G kita maksimal,” katanya.

Sebelumnya, Deputy CEO Commercial Smartfren Djoko Tata Ibrahim mengaku senang Foxconn membuka pabrik di Indonesia sehingga bisa menekan biaya belanja smartphone perusahaan.

“Kalau merakit di dalam negeri itu bisa mengurangi belanja smartphone 5%-10%, kita memang tengah lakukan kajian kea rah itu. Soalnya setiap tahun impor smartphone dari Smartfren itu besar. Masalah Foxconn ini, kita lihat dulu mereka mau apa di sini,” jelasnya.

Tak hanya operator, para vendor lokal pun tak terlalu gegabah beraksi dengan rencana Foxconn membuka pabrik di Indonesia. Jika Foxconn membangun pabrik komponen, chip atau LED, barulah merupakan sesuatu terobosan di industri.

Pasalnya, saat ini produksi ponsel di dalam negeri cenderung mahal karena ada bea masuk komponen antara 5%-10%, sedangkan jika diimpor utuh komponen tersebut justru ditiadakan.

Saat ini vendor lokal yang sudah memasarkan produk Foxconn di Indonesia adalah TiPhone yang bekerjasama dengan Telkomsel.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year