Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Ini Siasat NexMedia Menjaga Pertumbuhan

06:33:15 | 22 Feb 2014
Ini Siasat NexMedia Menjaga Pertumbuhan
Ilustrasi (Dok)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Operator TV berbayar NexMedia memiliki target pertumbuhan ambisius untuk pencapaian operasional di tahun ini.

TV berbayar milik PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) ini menargetkan pendapatan dan jumlah pelanggan tumbuh 100% pada tahun ini. Sedangkan secara industri pasar TV berbayar di Indonesia tahun ini diestimasi tumbuh sebesar 30%-40%.

"Tutup 2013 lalu kita prediksi jumlah pelangan NexMedia mencapai 100 ribu pelanggan. Kita akan sudah siapkan beberapa strategi untuk  mendorong pertumbuhan Nexmedia  yakni mendorong marketing, konten, dan perangkat," kata CEO Elang Mahkota Sutanto Hartono.

Perseroan akan mendorong konten-konten eksklusif dan jumlah channel yang tidak sebanyak layanan televisi berbayar lainnya. Saat ini perseroan mempunyai konten eksklusif berupa program sepak bola, yaitu Liga Premire Inggris atau Barclays Premier League (BPL) dan Liga Champions UEFA.

Program ini juga ditayangkan di dua stasiun televisi tidak berbayar (free to air/FTA) dari Elanng Mahkota, yakni SCTV dan Indosiar.

Diungkapkannya, perseroan menyiapkan investasi sekitar US$ 10 juta tahun ini. Investasi ini termasuk  pembangunan transmitter untuk meningkatkan cakupan dan kualitas layanan TV berbayarnya. Perseroan berencana membangun transmitter di empat lokasi di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Saat ini cakupan layanan NexMedia masih berada di kawasan Jabodetabek.

"Kami akan membangun transmitter di 4 lokasi, seperti daerah Pulo Gadung dan Bekasi. Dengan pembangunan tersebut, kami ingin meningkatkan cakupan di Jabodetabek dari 70% menjadi 95%," paparnya.

Telkom Marketing 2
Sebelumnya, riset dari Media Partner Asia (MPA) 2012, tingkat penetrasi TV di Indonesia merupakan salah satu yang terendah di Asia. Namun Indonesia diperkirakan mengalami peningkatan besar dalam lima tahun mendatang, yakni dari 56% pada 2011 menjadi 60% pada 2016, atau setara 38 juta keluarga dan 90 juta pemirsa.

Faktor utama pendorong kenaikan penetrasi televisi adalah pertumbuhan ekonomi Indonesia dan tingkat pendapatan per kapita. Peningkatan penetrasi televisi akan menjadi kunci utama bagi pertumbuhan FTA dan berbayar.

Angkasa Pura 2
Cable & Satellite Broadcasting Association of Asia (CASBAA) melaporkan, pasar TV berbayar Indonesia tumbuh signifikan setiap tahun. Asosiasi mencatat jumlah pelanggan TV berbayar di Indonesia lebih dari 2 juta pelanggan.(ss)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma