telkomsel halo

Daily Deals di Indonesia Masih Merekah

11:08:00 | 12 Feb 2014
Daily Deals di Indonesia Masih Merekah
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Aura dari bisnis daily deals di Indonesia diyakini masih merekah di tengah terus tumbuhnya e-commerce.

Untuk diketahui, Daily Deal adalah bagian dari e-commerce. Daily deal memiliki kekuatan sebagai mediator dari merchant dengan konsumen yang menawarkan diskon sebagai alat dari pemasaran.

Konsep bisnis dari daily deal itu ada 9 model. Sembilan model itu adalah, produsen besar yang menawarkan daily deal, daily deal yang hanya menawarkan konser tiket, daily deal dengan waktu yang dibatasi, daily deal untuk orang yang ingin berbelanja, daily deal untuk hal yang dibutuhkan, daily deal dari par retailer, daily deal untuk special interest, daily deal agregator, dan daily deal untuk barang-barang yang dibeli dari hasil daily deal.

“Indonesia merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki pertumbuhan bisnis Groupon cukup tinggi dibandingkan negara berkembang lainnya. Penetrasi e-commerce yang masih kecil dan pertumbuhan infrastruktur internet membuat pasar Indonesia selalu menjadi  salah satu target pemain utama,” ungkap CEO and Country Head Groupon Indonesia Indrasto Budisantoso, kemarin.

Menurutnya, ruang bagi model bisnis daily deals di Indonesia lumayan besar karena pasar  haus akan sesuatu berbau diskon, kelas menengah ke atas terus tumbuh, dan sensitive terhadap harga.

“Kami akan memperbanyak jumlah active deals hingga 50%. Kami juga akan lebih selektif memilih merchant agar dapat menguntungkan kedua belah pihak. Kita ingin perbanyak merchant dari pebisnis kelas  menengah yang jumlahnya cukup besar dan peduli terhadap efisiensi biaya,”  katanya.

Ditambahkannya, perseroan juga akan meningkatkan platform mobile dan tampilan situs mengingat transaksi banyak berasal dari perangkat bergerak. Untuk mendorong transaksi berbasis mobile akan dipasarkan fitur redeem  dan konsep paperless sehingga pengguna tidak  perlu mencetak voucher pembelian untuk mengaktifkan deals.

Diperkirakan saat ini ada sekitar satu juta pengguna Groupon di Indonesia dimana sekitar 25% bertransaksi melalui kartu kredit, 30% melalui mesin ATM, dan sisanya dengan sistem pembayaran tunai, uang digital, dan lainnnya.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year