telkomsel halo

Elevenia, Portal e-Commerce dari XL dan SK Planet

09:51:47 | 14 Nov 2013
Elevenia, Portal e-Commerce dari XL dan SK Planet
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT XL Planet mulai mengoperasikan portal e-commerce miliknya dengan mengusung konsep marketplace.

Portal yang bernama Elevenia.co.id tersebut merupakan hasil perusahaan patungan dari PT XL Axiata Tbk (XL) dan SK Planet Co Ltd dari Korea Selatan.

XL dan SK Planet menyetorkan modal awal sebesar US$ 18,30 juta atau setara Rp Rp 177,6 miliar untuk membentuk perusahaan patungan tersebut. Kedua belah pihak juga mendapatkan porsi kepemilikan saham sebesar 50%.

SK Planet Co Ltd adalah perusahaan yang didirikan pada 2011, dan berbasis di Seoul, Korea Selatan. SK Planet Co Ltd merupakan anak usaha SK Telecom Co Ltd. SK Planet Co adalah pemilik marketplace terbesar di Korea, 11st.

Di Indonesia, SK Telecom juga menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dengan mendirikan perusahaan patungan, Melon, yang menawarkan konten musik digital.

“Kami sudah luncurkan Elevenia belum lama ini. Saat ini portalnya sudah dibuka untuk yang mau menjadi penjual,” ungkap Chief of Digital Services XL Axiata Dian Siswarini, kepada IndoTelko Kamis, (14/11).

Diungkapkannya, saat ini portal belum dibuka untuk pembeli, proses transaksi baru terjadi di bulan Februari 2014. “Chief Executive Officer dari XL Planet itu dari SK Planet, sementara Chief Financial Officer dari XL,” ungkapnya.
 
Kala IndoTelko berkunjung situs ini terlihat Elevenia  menyediakan poin imbalan untuk pembeli dan penjualnya. Penjual bisa mengumpulkan poin tersebut dan menukarkannya dengan hal-hal yang bisa meningkatkan penjualan seperti penempatan iklan. Sementara pembeli bisa mendapatkan diskon dari poin yang terkumpul.

Elevenia mengatur transaksi melalui sistem pembayaran escrow. Hal yang mengejutkan adalah, Elevenia menegaskan tak ada yang gratis di e-commerce dengan menyatakan ada uang  komisi penjualan dari para penjual.

Elevenia mendapat 5% dari tiap transaksi produk elektronik dan gadget, dan 10% untuk produk lainnya.
 
Saat ini para pemain di marketplace Indonesia di antaranya  Tokopedia, BukaLapak, Blanja milik eBay, dan Lamido milik Rocket Internet.Para pemain eksisting ini tidak menarik komisi dari para penjualnya.(id)
 
Tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang Elevenia? ikuti:

Diskusi interaktif membahas e-money dengan tema: ”New Wave of Less Cash Society: Indonesian Chapter” dimana Direktur Digital Service PT XL Axiata Tbk (Dian Siswarini) menjadi salah satu pembicaranya.

Pembicara lainnya adalah Dirjen Aplikasi Telematika Kementerian Kominfo, Ketua Umum Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia, (Alex Janangkih Sinaga),  VP E-Commerce Garuda Indonesia yang juga Ketua Umum Indonesian e-Commerce Association (Daniel Tumiwa), President Director  Ericsson Indonesia (Sam Saba), dan perwakilan dari PayPal divisi regional.
 
Acara akan diselenggarakan pada:
Hari/Tanggal : Kamis, 21 November 2013
Waktu : 09.00 – 13.00 WIB
Tempat : Ruang Mawar 1, Balai Kartini
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan

It's Free Event, register di Indotelko@gmail.com atau mbt.ind@gmail.com

Tersedia suvenir berupa t-Shirt HUT ke-2 IndoTelko Forum  bagi 100 pendaftar pertama.

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year