telkomsel halo

Telkom-BTEL Trial Berbagi WiFi

10:09:39 | 29 Okt 2013
Telkom-BTEL Trial Berbagi WiFi
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akhirnya melakukan ujicoba (trial) berbagi hotspot WiFi dengan PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) di Jakarta.

“Memang benar kita sedang trial berbagi hotspot Indonesia WiFi (WiFi.id) dengan Bakrie Telecom. Trial ini hanya dilakukan di area tertentu di Jakarta. Kerjasama bisnis (wholesale) baru akan ditentukan setelah adanya evaluasi dari hasil trial ini, “ ungkap VP Public Relations Telkom Arif Prabowo kepada IndoTelko, Selasa (29/10).

Diungkapkannya, saat ini pihak Bakrie Telecom masih melakukan technical trial terhadap layanan wifi.id. Dalam trial nantinya akan lebih banyak mengarah pada kesiapan operator, bukan hanya koneksi tapi juga kesiapan aspek komersial.

"Kami sejauh ini untuk operator baru membuka kerjasama dengan Bakrie Telecom, selain tentunya dengan Telkomsel," jelasnya.

Secara terpisah, Chief Marketing Officer Bakrie Telecom Eka Anwar mengungkapkan trial akan dilakukan selama dua bulan.  Dalam uji coba selama dua bulan tersebut pelanggan esia berhak mendapatkan akses gratis menikmati hotspot WiFi.id. "Gratisnya sampai 22 Desember. Setelah itu kita evaluasi," katanya.

Sekadar catatan, pada tahun ini Telkom menargetkan akan membangun sekitar sejuta titik WiFi dan di 2015 diharapkan sebanyak 10 juta WiFi tersedia.

Saat ini WiFi.id sudah terpasang sekitar 40 ribu access point dengan kapasitas bandwidth per hari 11,4Tb Terrabyte. Sedangkan trafik durasi per session sekitar 116,7 menit per session dimana volume per session di kisaran 40,7Mb dengan 300 ribu hit per hari.

Selama ini akses wifi.id dapat dinikmati melalui 4 produk Telkom, yaitu melalui Telkomsel, Flexi, Speedy dan Speedy Instan Card.

Direktur Utama Telkom Arief Yahya dalam bukunya Paradox Marketing menyatakan strategi  mengembangkan WiFi.id   melalui  3C yakni Connectivity, Content, dan Community.

Sedangkan mesin pendapatan bisa berasal dari advertising dengan menjual welcome page atau berbagi hotspot dengan operator lain karena  Service Set Identifier (SSID) tidak terdedikasi hanya untuk pelanggan Telkom.

Di Indonesia akses data melalui WiFi dianggap sebagai solusi ditengah keterbatasan kualitas jaringan operator. Bahkan, Google pun  menghadirkan aplikasi WiFi Passport untuk pengguna Android di Jakarta, Tangerang, Depok dan Cikarang.

Google menggandeng CBN dan AccessNet untuk  menyediakan 90 lokasi WiFi Hotspot. Sedangkan   metode pembayaran menggunakan voucher MOGPLAY, hasil kerja sama dengan Indomog.

Namun, aksi Google ini menimbulkan kontroversi mengingat perusahaan ini bukanlah Penyedia Jasa Internet (PJI) layaknya Telkom dan Bakrie Telecom.(id)  

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year