telkomsel halo

Sejuta Mobile Malware Mengincar Perangkat Bergerak

09:37:56 | 13 Okt 2013
Sejuta Mobile Malware Mengincar Perangkat Bergerak
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Hasil riset yang dilakukan Trend Micro terhadap mobile malware dan aplikasi beresiko pada tahun ini lumayan bikin pusing kepala pengguna perangkat bergerak.

Data yang dihasilkan oleh Mobile App Reputation Trend Micro mengindikasikan  terdapat 1 juta mobile malware  dan aplikasi berisiko tinggi alias aplikasi yang agresif menampilkan iklan dan menggiring orang meng-klik iklan tersebut ke situs berbahaya.

Sebelumnya, pada laporan Security Roundup triwulan dua tahun ini, Trend Micro mencatat lebih dari 700 ribu malicious dan aplikasi berisiko telah ditemukan.

Technical Communication Trend Micro Gelo Abendan mengungkapkan,  di antara 1 juta aplikasi berisiko tinggi yang ditemukan, 75% melakukan rutinitas berbahaya secara langsung dan 25% sisanya menunjukkan  rutinitas yang mencurigakan, termasuk adware.

Malware jenis  Fakeinst dan Opfake masuk dalam jajaran teratas mobile malware. Fakeinst biasanya menyamar sebagai aplikasi resmi atau ada juga yang berlaku seperti layanan premium yang mengirimkan pesan-pesan teks secara sembarang ke nomor tertentu dan tanpa diketahui pengguna mendaftarkan pengguna ke layanan berbayar.  Sedangkan Opfake mirip dengan Fakeinst dalam meniru aplikasi resmi.

Untuk aplikasi berisiko tinggi, Arpush dan Leadblt menjadi  aplikasi yang paling berisiko.  Kedua aplikasi ini dikenal sebagai adware dan pencuri informasi yang mengumpulkan data dari beragam perangkat, seperti informasi OS, lokasi GPS, nomor IMEI, dan lainnya.

Disarankannya, untuk menghindari dari serangan malware dan aplikasi berbahaya, pengguna perangkat bergerak harus memperlakukan gadget-nya seperti Personal Computer (PC). Salah satunya dengan   memanfaatkan aplikasi Trend Micro Mobile Security App.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year