Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Indosat Ikut Perkuat Kabel Laut APX-WEST

09:14:26 | 11 Okt 2013
Indosat Ikut Perkuat Kabel Laut APX-WEST
Penandatanganan kerjasama Indosat-SubPartners (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – PT Indosat Tbk (ISAT) ikut memperkuat pengembangan sistem kabel bawah laut APX-West yang akan menghubungkan Perth, Australia ke Changi Utara, Singapura.

APX-West adalah bagian dari proyek pembangunan kabel laut APX Project yang juga menghubungkan Sydney dan Amerika Serikat sebagai bagian dari APX-East.

Bakti
Guna ikut dalam proyek ini, anak usaha Ooredoo itu menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan SubPartners Pty Ltd (SubPartners) dimana  menjadi satu-satunya operator APX-West dan mitra penjualan berlisensi di Indonesia.

“Indosat akan berpartisipasi untuk membangun koneksi dari APX-West ke stasion kabel laut Indosat di Ancol, Jakarta. Kita harapkan  adanya koneksi ini, kapasitas dan kehandalan komunikasi Indosat ke Singapura akan meningkat dan  mempunyai opsi untuk meningkatkan kapasitas komunikasinya ke pasar Australia melalui Perth,” ungkap President Director & CEO Indosat Alexander Rusli, kemarin.

Diungkapkannya, koneksi jaringan kabel laut Indosat ke APX-West akan melengkapi dan menambah jaringan kabel bawah laut internasional Indosat yang sudah ada seperti JAKABARE, SMW3 & AAG.

Hingga saat ini Indosat telah memiliki dan mengoperasikan berbagai sistem kabel laut antara lain Jakabare (Jakarta – Kalimantan – Batam – Singapore), SMW3 (South East Asia - Middle East - West Europe), JaSutera (Jawa – Sumatera), Jambi-Batam-Singapore, AAG (Asia – America Gateway), Javali (Jawa – Bali), Jakasusi (Jawa – Kalimantan – Sulawesi), Jakarta – Surabaya.

Disamping memanfaatkan jaringan kabel laut, Indosat juga memiliki jaringan terestrial yang menghubungkan sistem komunikasi dari  Surabaya ke  Madura, backbone pulau Jawa, backbone pulau Sumatera, backbone Kalimantan (Banjarmasin – Balikpapan – Samarinda, Banjarmasin – Palangkaraya – Sampit) dan backbone Sulawesi (Makasar – Palu).

Sementara CEO SubPartners Bevan Slattery mengatakan dengan jalur kabel laut APX-West yang melalui perairan Indonesia akan meningkatkan keragaman jalur komunikasi dengan adanya koneksi ke Jakarta.

“Indonesia  salah satu pasar yang paling cepat berkembang di dunia. Saya sepenuh hati dapat mengatakan bahwa kemitraan kami dengan Indosat benar-benar melebihi harapan dan saya berharap untuk dapat segera bekerja dengan tim Indosat,” pungkasnya.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Bukalapak sekarang sudah untung