telkomsel halo

Wow, Doku Tangani 2,7 juta Transaksi Online

12:01:21 | 06 Jul 2013
Wow, Doku Tangani 2,7 juta Transaksi Online
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Penyedia layanan pembayaran online, Doku, menangani rata-rata 2,7 juta transaksi online setiap bulannya dengan nilai mencapai Rp 1 triliun.

“Transaksi yang dominan ditangani dari segmen enterprise. Soalnya dari ritel itu masih kecil di Indonesia,” ungkap  CEO  Nusa Satu Inti Artha Thong Sennelius, kemarin.

Nusa Satu Inti Artha adalah perusahaan yang mengelola merek dagang Doku.

Menurutnya, pelaku belanja online individu selama ini banyak  terkendala sistem pembayaran yang digunakan sehingga  berpengaruh pada kepercayaan pembeli.

“Kami melihat segmen ritel ini akan tumbuh terus. Ini salah satu alsan kita  memiliki layanan pembayaran untuk e-commerce ritel sehingga transaksi lebih mudah,” katanya.
 
Head of Business Development Doku  Dhenu Wiarsandi  menjelaskan, perseroan baru saja meluncurkan   MyShortCart (MSC) untuk mempermudah transaksi pembayaran bagi pembeli online.

Kemudahahan menggunakan MSC maka uang  tidak langsung diterima oleh penjual hingga barang yang dibeli sampai ke tangan dengan selamat.
Sistem pembayaran dengan MSC ini sangat membantu konsumen yang faktor kepercayaannya belum benar-benar terbangun dengan si penjual.

Semua informasi dari pengiriman barang hingga pembayaran akan diterima kedua pihak (penjual dan pembeli) melalui email. Dengan mengkonfirmasi barangnya sudah diterima maka, secara otomatis sistem  akan mencairkan uang tersebut.

Tidak ada minimum dam maksimum pembayaran. Semuanya tergantung dengan limit kartu kredit konsumen atau saldo di rekening.
Potongan untuk kartu kredit hanya dikenakan 3,5%. Untuk transfer antar rekening hanya Rp 5 ribu dan bila menggunakan Doku Wallet hanya 2%.
 
Doku MSC ini difokuskan hanya untuk konsumen dewasa. Karena pada saat registrasi selain mengisi lembaran data diri konsumen juga diwajibkan untuk meng-upload dokumen NPWP dan KTP.

Doku MSC bisa dipakai di semua platform social media dan terjangkau karena bebas dari biaya set up maupun biaya berlangganan.

Penjual online  juga dimudahkan dengan berjualan dilengkapi link pembayaran atau integrasi web yang mudah karena tersedianya API dan plugs-in untuk berbagai jenis online shopping cart.

Namun, Doku MSC ini belum bisa melayani sistem pemesanan pre-order dan juga belum bisa merubah mata uang bila transaksinya melibatkan 2 mata uang yang berbeda.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year