telkomsel halo

Penumpang First Class Garuda akan Nikmati WiFi Gratis

15:57:18 | 28 Jun 2013
Penumpang First Class Garuda akan Nikmati WiFi Gratis
Ilustrasi (Situs Garuda)
Angkasa Pura 2
MAKASSAR (IndoTelko) – Penumpang maskapai Garuda Indonesia yang duduk di  kelas satu (First Class) Boeing 777-300ER akan menikmati akses internet melalui WiFi secara gratis selama perjalanan yang ditempuhnya.

“Pesawat itu akan datang ke Indonesia pada 2 Juli 2013. Nanti akan digunakan untuk rute Jakarta-Jeddah mulai 9 Juli-19 Agustus 2013. Salah satu keistimewaan armada ini ada kelas satu sebanyak 8 kursi. Rencananya penumpang yang duduk di First Class itu akan digratiskan akses WiFi-nya,” ungkap Direktur Layanan Garuda Indonesia Faik Fahmi di Makassar, kemarin.

Dijelaskannya, penyelenggaraan layanan WiFi di armada Garuda masih sesuai rencana yakni pada Juli depan. “Saya dengar dari pihak Kominfo akan ada pengumuman nanti soal regulasi ini. Kalau dari Garuda itu tinggal masalah colok dan nyalakan alat,” katanya.

Diungkapkannya, nantinya layanan akses WiFi akan diutamakan bagi penumpang di kelas utama, sementara bagi penumpang yang duduk di kelas ekonomi dipastikan membayar akses internet. “Kita juga tak bisa memberikan akses WiFi itu ke semua penumpang karena ada kapasitasnya. Makanya kita banderol harga untuk menjaga kelonggaran,”jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, pesawat yang memiliki first class ini nantinya usai 19 Agustus akan melayani rute Tokyo pada 19 September nanti, setelah itu pada 15 november  akan melayani rute Sydney-Jakarat-London. Garuda sendiri rencananya akan membeli 10  unit Boeing 777-ER.  

“Kita ingin melayani semua segmen. Diharapkan dengan adanya first class, mereka yang tadinya biasa terbang dengan jet pribadi akan beralih ke Garuda Indonesia. Harga First class ini belum ditentukan, bisa jadi dikisaran US$ 1.500 ke atas,” katanya.

Sekadar catatan, Garuda pernah mempunyai layanan kelas satu namun dihentikan pada tahun 1985. Pada saat itu Garuda mempunyai dua kelas yaitu First Class dan Economy Class. Namun melihat perkembangan pasar yang tidak menggembirakan, layanan itu dihapus dan diganti dengan kelas bisnis. Saat ini layanan yang dibuka Garuda adalah kelas bisnis, kelas premium bisnis dan kelas ekonomi.

Sebelumnya, Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengungkapkan sudah  dua Airbus 330-200 dipasangi WiFi.    

Sekadar diketahui, wacana Garuda mempersenjatai armadanya dengan WiFi sudah ada sejak 2010 silam. Rencananya, untuk pemasangan WiFi akan menggandeng Telkom.

Rencana awal, pada kuartal I-2012 harusnya pesawat baru Garuda seperti Airbus 330-200, dan Boeing 737-800NG yang baru didatangkan, serta Boeing 777-300ER yang didatangkan pada Mei 2013, sudah bisa dinikmati penumpang dengan WiFi.
 
Pada pertengahan 2010 Garuda telah menginformasikan akan  menyiapkan  investasi sekitar  US$ 17,5 juta guna membeli perangkat teknologi telekomunikasi di pesawat. Alatnya sendiri diperkirakan seharga US$ 250 ribu.(ct)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year