telkomsel halo

Telkom Dekati Tiga Operator Australia demi MVNO

10:35:56 | 20 Jun 2013
Telkom Dekati Tiga Operator Australia demi MVNO
Jeami Gumilarsjah (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) yang baru dibentuk tahun 2012,Telkom Australia, tengah mendekati tiga operator di negara Kangguru tersebut guna menggelar Mobile Virtual Network Operator (MVNO).

“Kita memang tengah menjajaki kerjasama dengan tiga operator besar di Australia yakni Telstra Australia, Optus, dan Vodafone,” ungkap CEO Telkom Australia Jeami Gumilarsjah di Jakarta, Rabu (19/6).

Diungkapkannya, belum ada finalisasi dari negosiasi dengan ketiga operator itu dalam upaya mendapatkan lisensi MVNO. “Masih diskusi terus. Tetapi kita juga ada bisnis lain di Australia yakni Teknologi Informasi (TI) dimana tahun ini membidik pendapatan Rp 40 miliar,” ungkapnya.

Dijelaskannya, fokus dari Telkom Australia sejak awal memang di  jasa TI karena nilai bisnis sektor ini lumayan menjanjikan yakni sekitar Rp 40 triliun.”Kita di Australia low Capex karena memanfaatkan sumber dalam negeri semua. Ini justru membuat Telkom Australia lebih lincah,” katanya.

Salah satu contoh sinergi yang dilakukan adalah  menggarap. Business Process Outsourcing Offshore ( BPO Offshore ) mengandalkan strategic partnership antara PT Infomedia Nusantara dengan Espin Multimedia Pty.Ltd (Espin). Salah satu klien yang didapat dari partnership itu adalah Kabo Lawyer."Sekarang kita sudah ada 3 klien dan dalam proses mengikuti 10 tender," ungkapnya.

Sekadar diketahui, Telkom dalam rencana ekspansi pada tahun ini membidik Timor Leste, Malaysia, Australia, Hong Kong, Singapura, Macau, Taiwan, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Myanmar. Terbaru, Telkom menambahkan Papua Nugini.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year