telkomsel halo

Telkomsel Genjot ARPU Data simPATI

10:16:54 | 20 Jun 2013
Telkomsel Genjot ARPU Data simPATI
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Telkomsel tengah menggenjot Average Revenue Data Per User (ARPU) dari salah satu produk prabayarnya, simPATI, melalui program digital society, Walk With simPATI.

“Kita mau bangun komunitas dan kreatifitas. Walk with Simpati ini membuka kompetisi dance untuk video klip terbaru Agnes Monica yang menjadi brand ambassador Telkomsel.  Untuk mengikuti program tersebut, pendaftar akan mengunduh video dance ke Telkomsel,” ungkap Head of Marketing Communications Group Telkomsel Irlamsyah Syam di Jakarta, kemarin.

Diharapkannya, dengan adanya program ini   mendorong pertumbuhan layanan data dan pelanggan data sebesar 20%.  “Kita targetkan  ada sekitar 10 ribu orang mengunggah video di program tersebut. Saat ini ARPU data kami sekitar Rp 20 ribu per bulan dan data usage 7 juta Gigabit per bulan. Kita harapkan ada kenaikan,” katanya.

Sekadar catatan, saat ini pelanggan data Telkomsel mencapai 55 juta dari 122,2 juta total pengguna Telkomsel. Dari 55 juta, sekitar 70% berasal dari kartu Simpati.

Irlam mengklaim, jika melihat riset  dari Frontier Consulting Group pada April 2013   kartu Simpati mengalami pertumbuhan dari 8% di 2011 menjadi 21,2% di kuartal I 2013.

Monetisasi
Sementara itu, Head of Digital Lifestyle Group  Telkomsel Marina Kacaribu menjelaskan,   ekosistem konten digital belum cukup dibangun dengan baik sehingga monetisasi nya belum optimal.

"Hanya satu persen dari jutaan aplikasi yang menjadi besar. Kalau ekosistem terbentuk dengan baik, tentu akan lain lagi datanya,” katanya.

Menurutnya,   saat ini target para pengembang aplikasi memang lebih fokus untuk menarik user sebanyak mungkin, agar bisa dikapitalisasi untuk pengembangan bisnis advertising.

"Pengembang aplikasi butuh dukungan manajemen bisnis dan inovasi agar bisa bersaing dengan konten dari luar negeri. Kalau bicara potensi pasar di Indonesia itu tinggi, penetrasi smartphone saja baru di kisaran 20%," ujarnya.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year