Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Kecepatan Minimal WiFi USO 1,024 Kbps

10:19:21 | 14 May 2013
Kecepatan Minimal WiFi USO 1,024 Kbps
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menetapkan minimal kecepatan akses WiFi yang disediakan dalam program Universal Service Obligation (USO) dengan transfer data (throughput) sekurang-kurangnya sebesar 1,024 Kbps dimana titik pengukuran dari PoP ke NIX terdekat.

Selain itu latency maksimal dengan ketentuan 150 ms bagi yang menggunakan teknologi terestrial; dan 750 ms bagi yang menggunakan teknologi VSAT, dengan titik pengukuran dari Server hotspot akses ke SIMMNIX. Sementara packet loss maksimal 2%, dengan titik pengukuran dari Server hotspot akses ke SIMMNIX.

“Aturan masalah kecepatan itu ada di Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo) Nomor 2 Tahun 2013 tentang Penyediaan Jasa Akses Internet Tanpa Kabel (wireless) pada program kewajiban pelayanan universal yang disahkan  secara resmi pada 22 Januari 2013,” ungkap Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Gatot S Dewa Broto di Jakarta, kemarin.

Diungkapkannya, dalam aturan itu memang diatur secara  jelas ketentuan dalam hal penyediaan jasa akses Internet tanpa kabel sekaligus ketentuan pengawasan sehingga layanan wireless bagi masyarakat terjaga kualitasnya.

Lokasi pemasangan dari WiFi dengan dana USO pun jelas yakni di ruang publik seperti kantor pemerintahan, tempat layanan transportasi, tempat layanan kesehatan, tempat layanan pendidikan, dan/atau tempat rekreasi.

Secara keseluruhan aturan yang terdiri atas  10 bab dan 17 pasal itu mengatur di antaranya tentang penyediaan jasa akses Internet tanpa kabel, penyedia jasa akses Internet tanpa kabel, hak dan kewajiban penyedia jasa, pengoperasian dan pemeliharaan jasa akse internet tanpa kabel, kontrak, sanksi, pengawasan dan pengendalian.

“Aturan ini  payung hukum untuk mendukung program USO dalam hal penyediaan area-area WiFi di sejumlah daerah. Ini untuk mendukung  program USO yang akan terus berlanjut," jelasnya.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
XL kurangi kepemilikan di PDGDC