telkomsel halo

Operator Matangkan Platform Mobile Advertising Bersama

9:40:43 | 10 May 2013
Operator Matangkan Platform Mobile Advertising Bersama
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Tiga operator seluler besar di Indonesia tengah mematangkan platform mobile advertising bersama yang akan dikirim ke pelanggannya.Ketiga operator besar itu adalah Telkomsel, Indosat, dan XL.

“Memang tengah dimatangkan terutama masalah model bisnisnya dan pembagiannya,” ungkap President Director and CEO Indosat Alexander Rusli di Jakarta, kemarin.

Diungkapkannya, jika ditanya keinginan Indosat maka sebaiknya pembagian dari sisi pendapatan dibagi prorata untuk memudahkan perhitungan. “Terus dimatangkan model bisnisnya juga,” katanya.

Sebelumnya, pada awal Mei lalu Telkomsel, Indosat dan XL Axiata  menyediakan layanan pengiriman iklan melalui SMS dan MMS. Selain itu, mereka juga menyediakan iklan dalam bentuk digital display banner. Semua iklan itu bisa dikirim berdasarkan basis lokasi, landing halaman situs web, sampai profil pengguna.

Operator seluler punya kekuatan dalam menghadirkan iklan di perangkat mobile, terutama dari sisi basis pelanggan. Belum lagi profil pengguna yang bisa dikategorikan berdasarkan usia, jenis kelamin, paket data yang digunakan, pengeluaran untuk biaya telekomunikasi, jenis ponsel yang digunakan, operator seluler yang diapakai, serta lokasi.

Tantangan dari penggelaran layanan ini adalah  perangkat mobile masih dianggap sebagai third screen dalam bisnis periklanan yang ditampilkan di perangkat berlayar, setelah televisi sebagai first screen dan komputer pribadi sebagai second screen.

Berdasarkan data Nielsen Indonesia, belanja iklan media di Indonesia mencapai lebih dari Rp 87 triliun pada 2012, atau tumbuh 20%  dibandingkan 2011.Media televisi masih mendominasi pangsa pasar iklan dengan raihan 64%  dari total belanja iklan, diikuti surat kabar (33% ) dan majalah serta tabloid (3%).Pangsa pasar iklan digital tidak lebih dari 1 persen. Ia memandang potensi iklan digital.
   
Sekadar catatan, masalah membangkitkan Value Added Services (VAS) secara bersama-sama sudah dimulai tahun lalu dengan single code Ring Back Tone (RBT) oleh Indosat dan XL.

Ketika pembahasan single code, Telkomsel sebenarnya juga ikut serta, tetapi di tengah jalan mundur dan akhirnya Indosat dan XL yang menjalankan.Nah, untuk mobile advertising akankah kebersamaan tetap terjaga atau ada yang balik badan? Kita tunggu saja.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year