telkomsel halo

WeChat akan Berbayar di China

11:15:47 | 01 Apr 2013
WeChat akan Berbayar di China
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Layanan instant messenger milik Tencent, WeChat, akan berbayar di China guna memberikan solusi pendapatan yang adil bagi operator karena jaringannya digunakan untuk aplikasi tersebut.

Dikutip dari ZDNET (1/4), Menteri Industri dan Teknologi Informasi China, Miao Wei mengaku  sedang melakukan kajian agar pengguna membayar untuk aplikasi WeChat dan telah meminta operator setempat menyiapkan model bisnis yang ideal.

Namun, pemerintah mewanti-wanti pengguna tidak dibebani oleh bayaran yang tinggi. Regulator tetap meminta mekanisme persaingan  sehat tetap diperhatikan. Tiga operator yang ada,  China Mobile, China Unicom, dan China Telecom. Tidak diizinkan melakukan penetapan tarif bersama yang menjurus kartel bagi aplikasi tersebut.
 
Sebagian kalangan menilai, permintaan untuk adanya bagian bagi operator dari WeChat karena adanya konsumsi  bandwidth yang tinggi kala aplikasi itu digunakan.

Pihak Tencent sendiri mengaku siap berkolaborasi dengan operator, tetapi tidak terlalu menyukai jika yang digunakan pola berbagi keuntungan ala di bisnis telco.

China Unicom sendiri telah mengirimkan sinyal akan berbayarnya aplikasi WeChat di masa depan.  Konsep saling menguntungkan harus menjadi pegangan kala berbisnis dengan pemain Over The Top (OTT). Inilah misi yang diusung China Unicom.

WeChat memiliki 300 juta pengguna di pasar global sejak diluncurkan dua tahun lalu. Di Indonesia, Tencent mendirikan  PT MNC Tencent, hasil patungan dengan MNC Group. Kolaborasi dua raksasa ini membidik 70% pengguna internet di Indonesia menggunakan WeChat.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year