Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Situs e-Commerce Disarankan Gunakan Domain Indonesia

8:06:51 | 25 Mar 2013
Situs e-Commerce Disarankan Gunakan Domain Indonesia
Azhar Hasyim (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) menyarankan pelaku e-commerce di Indonesia menggunakan domain dot id (co.id) untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

“Situs e-commerce dengan domain dot com (.com) asal Indonesia banyak dilaporkan oleh orang-orang luar negeri melakukan penipuan. Ini merugikan, karena itu baiknya situs e-commerce asal Indonesia pakai .id saja,” kata  Direktur E-Business Direktorat Jenderal Aplikasi Informatikan Kementerian Komunikasi dan Informatika Azhar Hasyim.

Menurutnya, jika menggunakan domain .id akan lebih tertata masalah data karena registrasi diketahui oleh pemerintah. Guna mendukung masalah registrasi ini pemerintah  sedang menyusun Rancangan Peraturan Menteri (RPM) yang mengatur tata cara pendaftaran registrasi dan registrasi domain, serta keamanan domain dalam negeri.

“Pemerintah bisa menertibkan jika domain .id karena pemilik jelas sehingga ada sanksi seandainya melanggar seperti  memblokir situsnya  untuk  penegakkan hukum," jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, berdasarkan data Kemenkominfo nilai transaksi dari e-commerce di Indonesia pada 2012 mencpaai Rp 120 triliun naik dari Rp 63 triliun di 2011.

Perangkat untuk bertransaksi pada 2012 sebanyak 55% dari komputer PC,  43% dari  mobile web browser, dan  2% dari mobile apps.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Editorial
Berlomba gelar 5G