telkomsel halo

Money Online Akuisisi AyoPay

11:47:11 | 21 Mar 2013
Money Online Akuisisi AyoPay
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) –  Perusahaan Money Online (MOL) secara resmi mengakuisisi AyoPay yang bergerak di bidang distribusi dan retail untuk voucher pembayaran online.
 
Sejak dua tahun terakhir Ayopay  sudah bekerjasama dengan MOL  untuk mendistribusikan voucher MOL di Indonesia.

AyoPay didirikan pada bulan November 2009 sebagai bagian unit bisnis dari PT. Ezyload Nusantara   untuk mendukung dan memajukan industri online, khususnya industri online game di Indonesia.

Dalam portal resminya dinyatakan mulai 5 Maret 2013, AyoPay bernaung di bawah pengelolaan yang solid dari managemen PT. MOL AccessPortal, yang merupakan bagian dari MOL Global group.
 
MOL Global adalah pemilik dari MOL AccessPortal, perusahaan payment gateway yang memiliki subsidiaries di Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Indonesia, India, Australia, Turki, Vietnam, Taiwan, Amerika Serikat dan Brasil; dan juga pemilik dari Friendster.

Dikutip dari Sun Daily belum lama ini, President of Global Operations  MOL  Craig White mengungkapkan, aksi korporasi itu menunjukkan keinginan persroan untuk terus berinvestasi di negara Asia yang memiliki pertumbuhan di industri digital.

“Investasi di  AyoPay menunjukkan aksi kami untuk membuat ekosistem  premium online payment di kawasan,” katanya.

Menurutnya, dengan pertumbuhan bisnis game online di Indonesia yang setiap tahunnya 33%, maka berinvestasi di AyoPay adalah langkah yang tepat.

Sekadar diketahui, industri game di Indonesia masih harus berjuang keras karena ekosistem  belum padu, antara pengembang dan penerbit (publisher). Belum lagi masalah persepsi negatif yang masih melanda dunia game.

Pengembang game lokal juga mengeluhkan skema pembagian pendapatan antara pengembang dan penyedia konten (content provider), yang belum berpihak pada pengembang.

Pasalnya, dengan mengggunakan payment gateway, pendapatan pengembang banyak mengalami pemotongan. Investasi untuk mengembangkan game online sendiri diperkirakan mulai dri Rp 1 miliar hingga Rp100 miliar.(ct)  
 

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan