telkomsel halo

Telkomsel Geber Mitra Carrier Billing

14:40:25 | 08 Jan 2013
Telkomsel Geber Mitra Carrier Billing
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (indotelko) – Telkomsel tengah menggeber jumlah mitra dari jasa carrier billing guna meningkatkan kenyamanan bagi pelanggan yang membeli aplikasi melalui ponsel.

Carrier billing adalah mekanisme  pembayaran bagi pengguna untuk membeli aplikasi  melalui charging pulsa.

Project Director of Services, Content, Applications and Portal, Task Force Team Telkomsel, Gideon Edie Purnomo mengungkapkan, pada Desember 2012, perseroan telah menjalin kerjasama carrier billing dengan  Chat App dari Korea Selatan, KakaoTalk, dan platform musik legal milik PT Generasi Indonesia Digital.

“Kita dengan Research in Motion (RIM) juga telah menjalin kerjasama carrier billing pada Desember lalu. KakaoTalk kita gandeng karena aplikasi ini mulai banyak dilirik pengguna. Sekarang pengguna KakaoTalk di Telkomsel sekitar 150 ribu nomor. Sedangkan WhatSapp belum ada kerjasama,”  ungkapnya.

Rencana ke depan, lanjutnya,  perseroan akan menggandeng Google dan Windows Market Place.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) yang juga Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga memprediksi, pulsa sebagai alat pembayaran akan menjadi senjata mematikan dari operator lokal untuk melawan kian mengguritanya pemain Over The Top (OTT) global di Indonesia.

Pemain OTT  yang terkenal diantaranya Google, Microsoft, Apple, Yahoo, Facebook, Research In Motion, dan lainnya.

“Kita perlu menaikkan level of confidence dalam melawan serangan OTT.  Salah satu yang paling mudah adalah dukungan dari pemerintah menjadikan pulsa sebagai alat pembayaran,” ungkap Alex.

Menurutnya, menjadikan pulsa sebagai alat bayar bisa membuat pemerintah mendapatkan devisa bertambah, dan operator pun memiliki daya tawar lebih tinggi kala bernegosiasi.(ak)

 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year