telkomsel halo

Strategi Pendanaan

RUPSLB Sarana Menara Restui Penerbitan Obligasi

15:32:40 | 22 Dec 2012
RUPSLB Sarana Menara Restui Penerbitan Obligasi
Ilustrasi (Dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (indotelko) – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dilakukan   PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) merestui penerbitan surat utang global (global bond)  sebesar US$750 juta  melalui anak usaha Protelindo Finance pada Jumaat (21/12).

Kepemilikan perseroan atas Protelindo Finance dicatatkan melalui anak usaha langsung yaitu PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo).

Dalam rilisnya dinyatakan rencana perseroan menerbitkan obligasi tersebut untuk memperoleh pendanaan guna ekspansi perusahaan, seiring pertumbuhan industri telekomunikasi dan iklim invetasi yang positif.

Penerbitan surat utang ini diyakini akan memperkuat struktur pemodalan dan keuangan, memberi kesempatan bagi investor-investor strategis untuk menginvestasikan modalnya dalam industri infrastruktur telekomunikasi dan dapat melakukan emisi obligasi global.

Dana hasil penerbitan obligasi tersebut akan digunakan untuk melakukan pelunasan lebih awal sebagian dari bridging loan senilai US$575 juta dan 40 juta Euro.
 
Sisanya akan digunakan untuk pendanaan korporasi secara umum baik di perseroan maupun anak usaha meliputi modal kerja, belanja modal atau pembiayaan kembali.
 
Surat utang tersebut akan diterbitkan dengan jatuh tempo selambat-lambatnya 2023 dan maksimum tingkat bunga 10%.

Selain mengantongi pendanaan dari emisi global bond, perseroan juga telah memeroleh restu dari pemegang saham untuk melakukan penerbitan saham baru tanpa HMETD (non preemptive rights).

Sarana Menara Nusantara   hanya membukukan keuntungan Rp 250,39 miliar   hingga triwulan III-2012 atau turun 6,7%  dibandingkan periode sama 2011 sebesar Rp 268.586 miliar.  
Sedangkan pertumbuhan Earning Before Interest Tax Depreciation Amortization (EBITDA)   per September 2012 mencapai Rp 1,349 miliar   atau tumbuh 34,4%  dari Rp 1,004 triliun    di September 2011.
 
Kabar beredar mengatakan Sarana Menara menyiapkan sejumlah strategi pendanaan dalam rangka membidik sisa 7.500 menara Indosat yang akan dilepas pada 2013.(id)
 

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year