Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Strategi Pemasaran

Segarkan Mentari, Indosat Genjot Pengguna Prabayar

23:56:09 | 17 Dec 2012
Segarkan Mentari, Indosat Genjot Pengguna Prabayar
Ilustrasi (Dok)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (indotelko) – Lama tak terdengar kabarnya dari produk prabayar Indosat, Mentari, mulai Senin (17/12), salah satu kartu pinoir di jasa tersebut muncul dengan tampilan baru.

Ya, Indosat akhirnya  menghadirkan nama, logo dan tampilan baru dari  Mentari  sebagai bagian dari upaya mereposisi produk yang selama ini telah melekat di benak puluhan juta pelanggan setianya di seluruh Indonesia.

”Tampilan dan logo Indosat Mentari baru yang lebih modern dan dinamis ini menjadi bagian dari strategi Indosat masuk ke pasar pengguna smartphone yang semakin selektif dalam memilih kartu yang tepat untuk smartphone-nya,” kata   Director & Chief Commercial Officer  Indosat Erik Meijer di Jakarta, Senin (17/12).

Dijelaskannya, Indosat Mentari didesain untuk para pengguna smartphone yang memberikan berbagai keuntungan seperti gratis WhatsApp 12 bulan, internet kuota besar dan berkecepatan tinggi, pilihan paket Blackberry, sekaligus bonus telepon ke semua operator.

“Kita sudah diamkan Mentari nyaris dua tahun.  Sekarang disegarkan dan disasar untuk kelas premium dan anak muda,” jelasnya.

Dikatakannya, kehadiran Indosat Mentari yang difokuskan pada pengguna smartphone ini tidak dapat dilepaskan dari kondisi jumlah pengguna smartphone di Indonesia yang meningkat drastis.

Mengutip data Opera Software dalam laporannya  State of Mobile Web yang dilansir akhir Agustus lalu memperkirakan kenaikannya mencapai 460%, dari Juli 2011 sampai Juli 2012.
 
Smartphone menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk berbagai kebutuhan seperti akses ke jejaring sosial, chatting, mencari hiburan dengan men-download musik dan browsing.

Banyaknya operating system smartphone yang sedang tumbuh seperti Android, Apple IOS, Blackberry, Windows Phone membuat pelanggan semakin selektif dalam memilih kartu yang digunakan untuk smartphone-nya .

“Indosat Mentari diharapkan menjadi pilihan utama pelanggan dan pengguna smartphone yang saat ini menjadi pasar potensial di Indonesia,” harap Erik.

Genjot
Presiden Direktur & CEO Indosat Alexander Rusli mengharapkan, usai disegarkan Mentari bisa memberikan kontribusi lebih bagi omzet prabayar secara keseluruhan milik Indosat.

“Saat ini jumlah pelanggan Mentari itu berkontribusi sekitar 17% dari total 55,5 juta pelanggan di kuartal III-2012. Kita harapkan tahun depan kontribusinya bisa naik menjadi 26%. Pasalnya, prabayar dan seluler itu backbone pendapatan Indosat,” katanya.

Menurut Alex, tantangan yang dihadapi Indosat di era data adalah tidak setianya pelanggan berada di jaringan karena perang promosi terlalu ketat. “Sebanyak 40% pelanggan data Indosat itu berpindah-pindah terbujuk program promosi kompetitor. Tetapi, kami  secara pindah layanan keseluruhan masih bagus, sekitar 15%,” katanya.

Diungkapkannya, hal  yang menjadi kendala bagi Indosat adalah bagaimana menyeimbangkan pengembangan jaringan dengan pendapatan yang akan diterima dari jasa data. “Pertumbuhan topline dari jasa data memang besar.. tetapi bicara margin itu kecil. Kita harapkan dengan produk Mentari ini akan datang pelanggan data yang berkualitas dimana margin bisa terkerek,” katanya.
 
Di kuartal tiga 2012, Indosat berhasil membukukan laba bersih meningkat menjadi sebesar Rp. 1,63 triliun atau meningkat 55,5% dibanding tahun sebelumnya.

Perusahaan juga berhasil membukukan pertumbuhan pendapatan sebesar 7,6% menjadi Rp. 16,51 triliun. Free cash flow meningkat 111,1% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, menjadi sebesar Rp. 4,75 triliun.

Total pelanggan yang telah dilayani sebesar 55,5 juta di seluruh Indonesia . Average Revenue Per User (ARPU) selular   Indosat di kuartal III-2012 sebesar Rp 27,6 ribu. Pada tahun depan Indosat membidik tambahan pelanggan sekitar 7-9%.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma