telkomsel halo

Bank DBS raih peringkat AAA dari Fitch Ratings Indonesia

04:04:00 | 26 Apr 2024
Bank DBS raih peringkat AAA dari Fitch Ratings Indonesia
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - PT Bank DBS Indonesia kembali menorehkan prestasi dengan meraih peringkat AAA (idn) National Long-Term Rating dan National Short-Term Rating of 'F1+(idn)' dari Fitch Ratings Indonesia. Peringkat prestisius ini menegaskan kinerja keuangan PT Bank DBS Indonesia yang baik serta komitmen akan tata kelola perusahaan yang kokoh demi kelayakan kredit serta praktik bisnis yang berkelanjutan.

Fitch Ratings merupakan sebuah lembaga pemeringkat kredit internasional yang berbasis di New York City dan London. Peringkat yang dikeluarkan menjadi panduan bagi investor akan investasi yang tidak akan gagal bayar dan menghasilkan return yang kuat. AAA (idn) National Long-Term Rating merupakan peringkat tertinggi dalam skala nasional yang diberikan kepada perusahaan dengan ekspektasi risiko gagal bayar yang rendah dan arus kas yang dapat diandalkan. Sedangkan National Short-Term Rating of 'F1+(idn)' menunjukkan kapabilitas PT Bank DBS Indonesia untuk membayar komitmen keuangan secara tepat waktu.

Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia, Lim Chu Chong mengatakan, peringkat AAA (idn) National Long-Term Rating dan National Short-Term Rating of 'F1+(idn)' yang dianugerahkan Fitch Ratings Indonesia kepada PT Bank DBS Indonesia merupakan pengakuan atas kinerja keuangan yang baik dan dedikasi perusahaannya dalam menjunjung tinggi integritas serta penerapan manajemen risiko yang terukur guna memberikan layanan keuangan yang baik bagi nasabah.

Penilaian Fitch Ratings ini dibuat berdasarkan evaluasi komprehensif terhadap berbagai faktor, termasuk struktur utang perusahaan, posisi keuangan, paparan terhadap risiko ekonomi, dan strategi bisnis secara keseluruhan. Selain itu, penilaian ini juga didasari oleh beberapa faktor utama, salah satunya adalah tingginya dukungan dari perusahaan induk, DBS Bank Ltd (Bank DBS), termasuk dalam menimbang peran strategis PT Bank DBS Indonesia dalam rencana jangka panjang bank.

Kelayakan kredit Bank DBS yang kuat, dipadukan dengan kepemilikan sahamnya yang signifikan pada PT Bank DBS Indonesia (99 persen), menjadi landasan utama peringkat anak perusahaan ini.

“Viability Rating (VR) Bank DBS berada tujuh tingkat di atas skor rata-rata di Indonesia yang mencerminkan kekuatan keuangan dan stabilitas bank. Selain itu, Bank DBS memiliki peringkat kredit yang tinggi sehingga mempunyai kemampuan untuk mendukung PT Bank DBS Indonesia dalam rencana jangka panjang bank. Hal ini tidak hanya menempatkan PT Bank DBS Indonesia sebagai salah satu lembaga keuangan paling tepercaya di Indonesia, tetapi juga menggarisbawahi komitmen kami terhadap pertumbuhan jangka panjang,” jelasnya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year