telkomsel halo

Aplikasi OTHON transformasi layanan airport helper

13:23:39 | 19 Jun 2018
Aplikasi OTHON transformasi layanan airport helper
Petugas Airport Helper tengah melayani pengguna bandara.(Foto:AP2)
JAKARTA (IndoTelko) - PT Angkasa Pura II (AP 2) memanfaatkan aplikasi Operation Terminal Helper On Network (OTHON) untuk mentransformasi layanan airport helper di Terminal 1, 2, dan 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), serta di Bandara Internasional Husein sastranegara Bandung (BDO).

Terhitung sejak September 2017 lalu, airport helper telah menerapkan transformasi pelayanan. Tampak bahwa bidang pekerjaan yang dilakukan tidak hanya membantu proses bagasi penumpang, namun juga harus membantu para penumpang dengan kebutuhan khusus, lansia, dan ibu hamil. Bahkan termasuk membantu proses check in penumpang di bawah umur.

Lebih lanjut, airport helper selalu siap membantu mulai dari penumpang menurunkan bagasi dari kendaraan pribadi, kemudian proses check-in , hingga proses pengambilan bagasi bagi penumpang yang telah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan juga Bandara Internasional Husein sastranegara Bandung.

Tidak kurang dari 538 airport helper telah disiapkan oleh Angkasa Pura II. Mereka tersebar diseluruh Terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Husein sastranegara Bandung, ditempatkan pada beberapa titik penurunan serta penjemputan penumpang.

”Kami selalu melakukan evaluasi secara berkala terkait produk-produk pelayanan yang kami berikan. Termasuk layanan airport helper," jelas President Director Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, dalam keterangan kemarin.

Dijelaskannya, untuk lebih meningkatkan performansi dari masing-masing airport helper, perseroan membekali dengan aplikasi OTHON.

Aplikasi ini digunakan untuk mengevaluasi dan menilai masing-masing airport helper yang sedang bertugas. Disamping itu, melalui aplikasi OTHON ini, supervisor airport helper juga dapat mengidentifikasi kepadatan penumpang dan mengetahui titik-titik lokasi yang membutuhkan pelayanan airport helper. Hal ini mampu memberikan efisiensi kerja dan ketepatan distribusi airport helper di lapangan.

”Aplikasi OTHON ini mampu meningkatkan kinerja tim operasional bandara dalam memantau airport helper . Tidak hanya berfungsi sebagai pemberi rating kinerja perorangan serta menemukan titik-titik yang perlu dijaga helper , aplikasi ini juga berfungsi sebagai daftar untuk absen helper ketika mulai hingga selesai bekerja. Bagi helper yang berkinerja baik tentu akan ada apresiasi dari perusahaan," tutup Awaluddin.

Platform aplikasi OTHON kedepannya juga akan digunakan juga untuk mengevaluasi  layanan-layanan  terminal lainnya seperti pelayanan trolley collector dan juga layanan golf car assistant yang nantinya juga akan dikembangkan untuk mengevaluasi kinerja Aviation Security AP II. 

Layanan airport helper ini akan diimplementasikan juga diseluruh cabang AP II dan nantinya akan dikembangkan menjadi layanan integrated passenger service yaitu pada pre-journey dan juga post-journey.

Nantinya airport helper akan dibagi menjadi 2 kategori yaitu "on request" dan "without request". Untuk kategori "on request" airport helper akan dapat dipesan dari "Indonesia Airport Apps", sehingga penumpang dapat merencanakan untuk bisa menggunakan layanan ini sebelum tiba di bandara.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year