telkomsel halo

Kaleidoscope BAKTI 2021

27 Apr 2022
JAKARTA (IndoTelko) – Base Transceiver Station (BTS) atau stasiun pemancar merupakan salah satu infrastruktur telekomunikasi yang berperan penting dalam menerima dan mengirim sinyal radio ke telepon rumah, telepon seluler dan gawai telekomunikasi lainnya. Tanpa adanya BTS, maka bisa dipastikan wilayah yang tidak menerima pancaran sinyal tersebut tidak bisa menikmati layanan telekomunikasi atau disebut blankspot.
 
Per September 2021, jumlah blankspot di Indonesia menurut catatan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) ada sebanyak 12.548 titik. Sebagian besar titik blankspot berada di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T) Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.519 titik berada di Papua. 
 
“BAKTI Kominfo mendapat mandat dari pemerintah untuk membangun 7.904 BTS di daerah 3T yang terbagi dalam 5 paket pekerjaan. Dengan rincian 4.200 BTS selesai dibangun pada 2021 dan 3.704 BTS sisanya dibangun pada 2022,” ujar Direktur Utama BAKTI Kominfo, Anang Latif. 
Video Terkait
Indonesia Digital Network
Data Center Service Provider of the year
Telkom DES