telkomsel halo

Schneider Electric dan Intidaya tingkatkan produktivitas dan efisiensi energi

07:29:00 | 07 May 2024
Schneider Electric dan Intidaya tingkatkan produktivitas dan efisiensi energi
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Pemimpin transformasi digital dalam pengelolaan energi dan otomasi, Schneider Electric dipercaya oleh PY Intidaya Dinamika Sejati, perusahaan penyedia pompa vakum dan roots blower skala industri, untuk menjadi mitra digital dan otomasi dalam pengembangan teknologi pompa vakum dan roots blower cerdas dan ramah lingkungan dengan menggunakan inovasi otomasi terbaru dari Schneider Electric, yaitu EcoStruxureÔ Automation Expert.

Solusi pompa vakum & roots blower cerdas ini akan membantu para pelaku industri, khususnya dalam pengolahan air dan air limbah, rumah sakit, dan manufaktur. Menggabungkan beberapa solusi Schneider Electric, termasuk EcoStruxureÔAutomation Expert, lisensi Soft dPAC, Harmony Edge Box, dan AVEVA Edge. Solusi ini telah berhasil meningkatkan efisiensi teknis dan produktivitas operasional, menghemat energi hingga 43 persen, dan mencegah terhentinya produksi akibat downtime.

Dikatakan Managing Director Intidaya, Jonathan Kartawijaya, bersama Schneider Electric, pihaknya mengembangkan inovasi pada solusi pompa vakum dan roots blower dengan memanfaatkan teknologi digital berbasis software yang dapat membantu pelanggannya melakukan pengawasan secara real time terhadap kinerja pompa vakum dan roots blower-nya, dan memastikan output yang stabil dan konsisten. "Schneider Electric telah menjadi mitra kami selama tiga tahun terakhir ini. Kami telah beralih dari nol menuju solusi digital yang lengkap," ujarnya.

Pengawasan pompa vakum dan roots blowermerupakan tantangan tersendiri bagi para staf lapangan karena masih dilakukan secara manual sehingga sulit untuk melakukan pendeteksian awal atas potensi kerusakan, ataupun kebocoran. Sementara pompa vakum dan roots blower ini beroperasi 24 jam, sehingga pengawasannya harus sangat ketat agar tidak terjadi downtime yang dapat mengakibatkan kegagalan produksi dan kerugian material.

"Pemantauan online dan solusi yang andal memberikan nilai tambah yang luar biasa bagi customer roots blower kami. Kini, kami telah mengubah model teknologi kami untuk sepenuhnya mewujudkan potensi penuh IoT untuk otomasi industri. Mendukung customer kami dalam pencapaian tujuan keberlanjutannya baik dalam keberlanjutan operasional dan lingkungan," tambahnya.

Sementara, Industry Business Vice President Schneider Electric Indonesia, Martin Setiawan mengungkapkan, Schneider Electric berkomitmen untuk menjadi mitra digital dan otomasi bagi pelaku industri dalam hal efisiensi, meningkatkan produktivitas dan sustainability. "Kami tidak hanya memiliki solusi namun juga mitra diskusi bagi pelaku industri, yang akan menerjemahkan dan merealisasikan ide dan keinginan mereka untuk keberlanjutan dan efisiensi," katanya.

Inisiatif Impact Maker menekankan komitmen Schneider Electric untuk mempercepat tindakan dalam mengatasi perubahan iklim. Melalui inisiatif ini, kami berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam keberlanjutan dari pelanggan dan mitra kami. Tujuannya adalah untuk menginspirasi pelaku industri lain dengan menunjukkan langkah-langkah konkret dan pendekatan yang bisa diikuti untuk memulai perjalanan aksi iklim mereka, serta mengatasi hambatan dalam usaha keberlanjutan.

"Intidaya menjadi contoh utama bagaimana mengintegrasikan teknologi digital dan otomasi dapat meningkatkan nilai produk dan menciptakan dampak positif bagi bisnis dan lingkungan," tambahnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year