telkomsel halo

Alibaba Cloud perkenalkan inovasi AI Generatif terbaru

05:54:14 | 22 Feb 2024
Alibaba Cloud perkenalkan inovasi AI Generatif terbaru
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Tulang punggung teknologi digital dan kecerdasan dari Alibaba Group, Alibaba Cloud menambah penawarannya di Indonesia dengan memperkenalkan produk AI generatif terdepan yang dirancang untuk memberdayakan pelaku bisnis lokal agar dapat memanfaatkan peluang pertumbuhan di lanskap AI yang berkembang pesat.

Mendedikasikan diri untuk memberdayakan tenaga kerja lokal dengan kapabilitas AI yang canggih, Alibaba Cloud telah memperkenalkan inisiatif pelatihan AI terkininya, "Alibaba Cloud Associate - Generative AI Training". Melalui program ini, inovator teknologi cloud ini bertujuan untuk menjalin kemitraan dengan universitas-universitas di Indonesia untuk membentuk generasi penerus bertalenta digital yang dilengkapi dengan keterampilan AI.

Menurut Country Manager of Indonesia Alibaba Cloud Intelligence, Sean Yuan, pihaknya berkomitmen untuk membawa produk dan teknologi terdepan yang teruji, khususnya yang diperkaya dengan kemampuan AI generatif, ke pasar Indonesia. "Kami bertujuan untuk memungkinkan pelanggan kami mengadopsi inovasi dan membuka jalur baru untuk pertumbuhan," katanya.

"Alibaba Cloud telah hadir Indonesia sejak 2016 dengan menawarkan infrastruktur cloud yang tangguh dan aman, portofolio produk yang kuat, dan ekosistem dinamis yang mencakup mitra lokal, startup, dan pengembang. Memasuki 2024, komitmen Alibaba Cloud bertambah kuat untuk memperkenalkan produk dan layanan yang lebih canggih kepada pelanggan kami di Indonesia terus berlanjut, dan kami bersemangat untuk mendampingi mereka dalam perjalanan transformasi kecerdasan mereka," tambahnya.

Alibaba Cloud memperkenalkan rangkaian produk AI generatif baru untuk pelanggan di Indonesia, antara lain :

PAI-EAS diperkenalkan untuk mengurangi biaya inferensi model AI

Platform AI-Elastic Algorithm Service (EAS) mendukung alokasi sumber daya komputasi sesuai permintaan, dan mengurangi biaya inferensi model AI hingga 50% dibandingkan dengan model tradisional. Layanan nirserver ini akan mendukung penerapan LLM open-source terkenal dan model AI ModelScope dari Alibaba, melayani tugas seperti segmentasi gambar, pembuatan rangkuman, dan pengenalan suara.

Enterprise RAG diluncurkan untuk meningkatkan akurasi hasil dari model

Para pelanggan dapat memanfaatkan proses dari Retrieval-Augmented Generatio (RAG) Enterprise, Alibaba Cloud, bersama dengan vector engine dan layanan pelatihan LLM untuk menyempurnakan LLM mereka sendiri untuk akurasi spesifik-domain yang lebih baik dan lebih hemat biaya.

Integrasi Vector Engine kini tersedia untuk memfasilitasi pengembangan aplikasi Gen AI yang disesuaikan

Gudang data Alibaba Cloud Hologres, dan layanan pencarian Elasticsearch dan OpenSearch, akan diperkaya dengan teknologi pencarian vektor terbaru di Indonesia. Integrasi ini memfasilitasi akses bisnis Indonesia ke LLM yang berbeda dan penciptaan aplikasi AI generatif yang disesuaikan untuk membantu bisnis dapat membuka lebih banyak potensinya.

Tak hanya itu, Alibaba Cloud juga meluncurkan platform keberlanjutan Energy Expert yang telah teruji untuk membantu pelanggan di Indonesia dalam mengukur, menganalisis, dan mengelola emisi karbon. Di sektor layanan kesehatan, Alibaba Cloud memperkenalkan solusi kesehatan baru yang dikembangkan bersama mitra lokal yang bertujuan untuk mengoptimalkan proses operasional di sektor kesehatan melalui inovasi cloud dan digital.

Alibaba Cloud terus memperluas ekosistem kemitraannya di Indonesia, berkolaborasi dengan berbagai entitas untuk mengatasi tantangan spesifik dari industri. Kolaborasi dengan perusahaan seperti 6Estates membantu lembaga keuangan dengan pemrosesan dokumen cerdas dan otomatisasi alur kerja yang didukung AI untuk mendorong pertumbuhan yang efisien dan meningkatkan efisiensi. Demikian pula, kemitraan dengan penyedia layanan perangkat lunak PT. Beone Optima Solusi (BEONE SOLUTION) meningkatkan efisiensi manajemen sumber daya bagi pelanggan di berbagai sektor.

Alibaba Cloud telah menjadi penyedia layanan cloud tepercaya di Indonesia, dengan klien seperti Mekari (PT. Mid Solusi Nusantara) yang memanfaatkan layanan cloud untuk memperkuat penawaran Software as a Service (SaaS). Selain itu ada juga platform pembelajaran Skolla dan sistem elektronik Bank Nagari yang juga memanfaatkan infrastruktur cloud dari Alibaba Cloud yang kuat dan aman dari Alibaba Cloud untuk layanan digital yang dioptimalkan.

Alibaba cloud akan memperluas kolaborasinya dengan institusi akademis lokal melalui inisiatif pelatihan AI yang baru saja diluncurkan, "Alibaba Cloud Associate - Generative AI Training". Sebagai bagian dari program ini, para pengajar di universitas akan menerima pelatihan tentang kemajuan terbaru dalam teknologi AI generatif, sehingga mereka dapat memberikan pengetahuan khusus ini kepada para mahasiswa.

Di Indonesia, Alibaba Cloud telah menjalin kemitraan dengan universitas-universitas ternama seperti Universitas Bina Nusantara, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Manadalika, dan Universitas Pelita Harapan. Kolaborasi ini memfasilitasi integrasi komputasi cloud dan kursus-kursus yang berpusat pada AI ke dalam kurikulum mereka, sehingga mendukung tujuan strategis negara dalam mengembangkan tenaga kerja terampil yang tangguh dan kompetitif untuk masa depan. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year