telkomsel halo

Alibaba Cloud kembali pimpin Gartner Magic Quadrant

05:48:00 | 19 Feb 2024
Alibaba Cloud kembali pimpin Gartner Magic Quadrant
Foto : Ilustrasi
HANGZHOU, CINA (IndoTelko) - Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan kecerdasan dari Alibaba Group, telah dinobatkan sebagai Leader dalam Laporan Gartner® Magic Quadrant™ untuk Sistem Manajemen Basis Data Cloud tahun 2023 ("the report") untuk tahun keempat selama berturut-turut.

Gartner, sebuah perusahaan yang memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti dan obyektif kepada para eksekutif dan tim mereka mengevaluasi penyedia cloud di seluruh dunia atas kapabilitas mereka berdasarkan Ability to Execute dan Completeness of Vision dalam sistem manajemen basis data (DBMS) cloud. Menurut Gartner, "Para pemimpin menjalankan dengan baik visi mereka saat ini dan memiliki posisi yang tepat untuk menjawab tantangan masa depan."

Menurut President of Database Products Business at Alibaba Cloud, Dr Li Feifei, baginya, dinobatkan sebagai Leader dalam laporan Gartner Magic Quadrant terbaru untuk DBMS cloud selama empat tahun berturut-turut adalah pengakuan besar atas upaya timnya dalam menyediakan produk dan layanan basis data cloud yang komprehensif bagi para pelanggannya.

"Kami melihat perkembangan menarik dari AI generatif dan peningkatan permintaan untuk aplikasi AI generatif yang dapat disesuaikan. Sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki produk basis data yang inovatif dan berkinerja tinggi jika mereka ingin mempercepat proses pengembangan yang berkelanjutan. Kami akan terus meningkatkan penawaran kami, menerapkan tren AI generatif terbaru, dan bekerja sama dengan mitra ekosistem kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami," jelasnya.

Penawaran produk database Alibaba Cloud memberikan dukungan besar pada aktivitas bisnis di lintas industri termasuk ritel, keuangan, dan logistik.

Sephora

Adalah merek kecantikan terbesar di dunia. Sephora Greater China memiliki jaringan gerai besar dengan lebih dari 350 toko di lebih dari 100 kota dan layanan e-commerce pada situs web dan aplikasi. Staf ritelnya membantu lebih dari 1 juta pembeli setiap harinya dan aplikasi BA pintar yang merupakan platform yang terpersonalisasi mencapai rekor penting pada tahun 2023.

Sephora memanfaatkan produk Alibaba Cloud seperti cloud-native data warehouse AnalyticDB, untuk melakukan analisis cerdas secara real-time di berbagai titik interaksi pelanggan di dalam toko maupun di platform e-commerce-nya. Hal ini memungkinkan Sephora untuk menikmati efisiensi manajemen data, pemrosesan, dan analitik yang lebih besar serta penghematan biaya.

PT Jasa Angkasa Semesta (dikenal sebagai PT JAS)

Adalah penyedia layanan ground handling dan kargo yang terpercaya di Indonesia. Seiring berkembangnya layanan operasi PT JAS, infrastruktur TI mereka menjadi semakin kompleks, dan menyebabkan munculnya tantangan dalam mengelola dan memelihara sistem mereka. Untuk mengatasi masalah ini, PT JAS melakukan sistem TI mereka ke Alibaba Cloud karena infrastrukturnya yang stabil dan andal.

Dengan menggunakan Relational Database Service (RDS) Alibaba Cloud, PT JAS dapat lebih fokus pada manajemen basis data dan memastikan layanan basis datanya lebih efisien, terskalasi, dan aman. Hasil dari migrasi yang dilakukan ke Alibaba Cloud memungkinkan PT JAS untuk merampingkan operasi TI mereka dan meningkatkan kinerja dan keandalan sistem mereka.

A Plus

Sebuah perusahaan game di Jepang, memilih Alibaba Cloud sebagai penyedia layanan cloud terpercaya dalam membangun infrastruktur TI yang kuat untuk mendukung pertumbuhan bisnis game yang cepat. Alibaba Cloud memberikan penawaran komprehensif untuk A Plus beberapa diantaranya seperti layanan basis data online, PolarDB untuk MySQL dan RDS untuk MySQL.

Dengan kemampuan baca/tulis yang kuat, kluster PolarDB dilengkapi dengan kemampuan pengolahan yang tinggi. Selain itu, hanya satu titik akhir yang diperlukan untuk pemisahan baca/tulis berkat pemetaan titik akhir otomatis yang memudahkan PolarDB untuk berinteraksi dengan MySQL dalam lingkungan pengembangan game. Fitur-fitur tersebut membantu A Plus mempercepat proses pengembangan game-nya secara hemat biaya, dan mengurangi biaya pemeliharaan dalam operasional sehari-hari.

EasyParcel (Malaysia)

Sebuah platform pemesanan layanan ekspedisi satu atap, berkolaborasi dengan Alibaba Cloud untuk mendorong transformasi digitalnya, yang secara signifikan meningkatkan efisiensi operasionalnya. EasyParcel telah mengadopsi PolarDB, basis data relasional cloud-native dari Alibaba Cloud, untuk meningkatkan kemampuannya dalam menawarkan pembaruan pelacakan real-time dan ketersediaan layanan yang efisien bagi pelanggannya. PolarDB berkontribusi pada upaya EasyParcel untuk meningkatkan kinerja dan meningkatkan efisiensi biaya untuk kepuasan klien yang lebih baik.

Baru-baru ini, Alibaba Cloud mengumumkan serangkaian peningkatan pada penawaran produk databasenya untuk menurunkan ambang batas teknologi bagi pelanggan agar dapat menikmati manfaat dari pengembangan teknologi terbaru seperti AI, cloud-native, dan solusi manajemen data satu atap.

Pada Apsara Conference, konferensi akbar tahunan Alibaba Cloud yang diadakan pada November 2023, Alibaba Cloud telah meningkatkan seluruh rangkaian solusi databasenya, termasuk database cloud-native PolarDB, gudang data cloud-native AnalyticDB, dan database multi-model cloud-native Lindorm, yang menggunakan mesin vektor proprietari untuk mempercepat proses pembuatan aplikasi AI generatif yang dapat disesuaikan. Selain itu, penyedia cloud ini telah meluncurkan alat ekosistem basis data yang didukung oleh large language model seperti Data Copilot, asisten analitik data cerdas untuk DBMS.

Alibaba Cloud juga telah membuat produk cloud kuncinya, termasuk PolarDB, AnalyticDB, dan ApsaraDB, menjadi serverless, dan dipasangkan dengan tingkat elastisitas yang lebih tinggi dalam kecepatan, stabilitas, dan jangkauan yang luas.

ApsaraDB HTAP, solusi dinamis yang diperkenalkan lebih awal tahun lalu mengintegrasikan PolarDB dan AnalyticDB sendiri tersedia untuk pelanggan internasional. Alat manajemen one-stop database ini meningkatkan kinerja serta menyediakan kemampuan pengolahan data yang luas, sangat elastis, dan hemat biaya.

Gartner tidak mendukung penyedia layanan, produk, atau layanan tertentu yang digambarkan dalam publikasi penelitiannya, dan tidak menyarankan pengguna teknologi untuk hanya memilih penyedia layanan dengan peringkat tertinggi atau penunjukan lainnya. Publikasi penelitian Gartner terdiri dari opini organisasi penelitian Gartner dan tidak boleh dianggap sebagai pernyataan fakta. Gartner menyangkal semua jaminan, baik yang dinyatakan maupun yang tersirat, terkait dengan penelitian ini, termasuk segala jaminan kelayakan untuk diperjualbelikan atau kesesuaian untuk tujuan tertentu.

Gartner sendiri merupakan merek dagang terdaftar dan tanda layanan dari Gartner, Inc. dan/atau afiliasinya di AS dan internasional, dan Magic Quadrant adalah merek dagang terdaftar dari Gartner, Inc. dan/atau afiliasinya di AS dan internasional yang digunakan di sini dengan izin. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year