telkomsel halo

Ini tren belanja online produk kecantikan sepanjang 2023 versi Tokopedia

08:52:00 | 12 Jan 2024
Ini tren belanja online produk kecantikan sepanjang 2023 versi Tokopedia
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Geliat industri kecantikan di Indonesia terus melaju sepanjang 2023. Data Kementerian Perindustrian telah mencatat bahwa kontribusi industri kosmetik terhadap PDB pada kuartal III tahun 2023 mencapai 3,83%.

Dikatakan Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli, Tokopedia pun mencatat kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh sebagai salah satu kategori produk yang paling laris dibeli masyarakat lewat Tokopedia sepanjang 2023 (data Januari-September 2023 dibandingkan Januari-September 2022).

Tokopedia juga melihat animo masyarakat dalam berbelanja online produk kecantikan dan perawatan diri sepanjang 2023 menciptakan tren tersendiri. "Beberapa produk kecantikan yang paling laris di Tokopedia sepanjang 2023 adalah bedak wajah, produk styling rambut, lipstik, lip cream dan eyeliner. Sedangkan beberapa produk perawatan diri yang laris manis di Tokopedia adalah cleanser wajah, serum wajah, krim wajah, parfum dan sunscreen wajah," katanya.

Tren tersebut membuktikan bahwa bahkan di pascapandemi, masyarakat makin peduli dengan kesehatan kulit dan wajah. Hal ini juga tidak lepas dari kemunculan berbagai tren kecantikan yang digandrungi banyak masyarakat lewat media sosial sepanjang 2023, mulai dari tren clean girl makeup, glass skin, latte makeup, strawberry makeup, dan masih banyak lagi.

Selain mencatat deretan produk kecantikan dan perawatan diri yang laris manis, Tokopedia juga melihat berbagai daerah di Indonesia yang mengalami kenaikan jumlah penjual di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri sepanjang tahun 2023.

Ditambahkannya, saerah Pesisir Selatan (Sumatra Barat), Bima (Nusa Tenggara Barat), Sampang (Jawa Timur), Rokan Hulu (Riau) dan Ambon (Maluku), merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah penjual di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri sepanjang tahun 2023, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat dibandingkan tahun 2022.

Sepanjang 2023, Tokopedia pun konsisten menghadirkan deretan inisiatif dan kampanye dalam upaya mendukung pertumbuhan brand lokal kecantikan dan perawatan diri.

Deretan inisiatif Tokopedia dorong geliat brand lokal kecantikan makin bersinar

"Melalui kampanye Tokopedia Beauty, kami terus berupaya untuk memberikan panggung khusus bagi pelaku usaha di industri kecantikan dan perawatan diri, termasuk brand lokal. Ada pun banyak promo diskon, eksklusif produk, flash sale dan bebas ongkir agar belanja online makin hemat," jelasnya.

Tokopedia mencatat jumlah transaksi lewat kampanye Tokopedia Beauty jelang akhir tahun 2023, khususnya pada September 2023, mengalami kenaikan hampir 5 kali lipat jika dibandingkan awal tahun 2023 pada Januari 2023.

Kehadiran kampanye Tokopedia Beauty telah membantu deretan brand lokal kecantikan dan perawatan diri mengalami kenaikan penjualan yang lebih pesat. Studio Tropik adalah salah satu contoh brand lokal kecantikan asal Bogor, Jawa Barat, yang merasakan manfaat dari bergabung di berbagai kampanye di Tokopedia, termasuk Tokopedia Beauty.

Di kesempatan yang sama, Chief Executive Officer (CEO) Studio Tropik, Mellisa Angelina Atmadja mengungkapkan, mengingat perkembangan industri kecantikan nasional makin pesat, salah satu tantangan yang sering kami hadapi adalah mendapatkan exposure ke pasar yang lebih luas sekaligus menjaga relevansi dengan masyarakat. "Berkat mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia termasuk Tokopedia Beauty, produk Studio Tropik bisa mencapai luar pulau bahkan hingga Papua. Penjualan kami juga naik hingga lebih dari 2 kali lipat saat Desember 2023 dibandingkan November 2023," ujarnya.

Sebagai perpanjangan dari Tokopedia Beauty, Tokopedia juga telah mengadakan Tokopedia Beauty Awards (TBA) di akhir 2023. Ajang penghargaan tahunan yang berlangsung sejak tahun 2020 ini adalah upaya Tokopedia untuk mengapresiasi produk-produk kecantikan dan perawatan diri pilihan masyarakat Indonesia. "Terkumpul ratusan ribu votes dari seluruh Indonesia lewat Tokopedia untuk menentukan 32 nama pemenang berbagai kategori di Tokopedia Beauty Awards 2023," kata stefanie.

Di penghujung 2023, Tokopedia bersama TikTok juga telah meluncurkan kampanye Beli Lokal bertepatan dengan momentum Hari Belanja Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2023 lalu.

Kampanye Beli Lokal bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk belanja online produk brand lokal, termasuk produk kecantikan dan perawatan diri. Kampanye Beli Lokal dapat ditemukan baik di aplikasi Tokopedia maupun aplikasi TikTok, sehingga dapat memperluas jangkauan para pelaku usaha terutama UMKM lokal ke seluruh Indonesia.

Dijelaskannya, ia pun melihat dampak positif pada penjualan brand lokal saat momen Harbolnas 12.12 tersebut. Sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan diri di Tokopedia mengalami rata-rata kenaikan transaksi hampir 19 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 2023 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023.

After Beaute adalah salah satu contoh pelaku usaha kecantikan lainnya di Tokopedia yang merasakan manfaat dari kampanye Beli Lokal.

Dikatakan Pemilik Usaha After Beaute, Andhita Irianto, sebagai brand lokal kecantikan asal Lampung, After Beaute sangat mengapresiasi adanya kampanye Beli Lokal dari Tokopedia dan TikTok karena memberikan panggung yang lebih luas bagi produk-produk lokal. "Berkat Beli Lokal, After Beaute bisa mengalami kenaikan penjualan hingga 30% di momen Harbolnas 12.12 2023 jika dibandingkan penjualan di bulan November 2023," ujarnya.

Pun salah satu brand lokal perawatan diri lainnya yang sedang naik daun, yaitu Tulus Skin, mengalami kenaikan penjualan berkat kehadiran kampanye Beli Lokal.

Menurut salah satu pemilik usaha Tulus Skin, Jessica Anggrainy, Tulus Skin terus menerima dukungan dari Tokopedia dan TikTok agar penjualan nya bisa terus melesat, termasuk lewat kampanye Beli Lokal. "Di momen Harbolnas 12.12 2023 lalu, transaksi Tulus Skin bisa naik dengan signifikan jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023," katanya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year