telkomsel halo

Ini 6 tips kelola uang agar bisa rayakan akhir tahun tanpa lupakan tabungan masa depan

06:33:00 | 15 Dec 2023
Ini 6 tips kelola uang agar bisa rayakan akhir tahun tanpa lupakan tabungan masa depan
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - - Akhir tahun identik dengan berbagai perayaan sarat makna, mulai dari liburan sekolah, perayaan Natal, hingga menyambut tahun baru yang penuh semarak. Pada momen ini pula banyak masyarakat menerima Tunjangan Hari Raya (THR) dari tempat kerjanya. Biasanya, THR akan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari memberikan kado untuk orang tersayang hingga travelling bersama keluarga dan kerabat. Tentunya, dibutuhkan pengelolaan keuangan yang cerdik agar kita dapat memenuhi segala kebutuhan tersebut, namun sambil tetap merencanakan tabungan untuk tahun yang akan datang.

Cara-cara cerdik seperti apa yang perlu kita lakukan agar dapat menikmati akhir tahun sambil tetap mengalokasikan dana untuk persiapan masa depan? Berikut tips yang bisa dilakukan :

1. Catat list kebutuhan dengan rinci serta tetapkan budget-nya

Salah satu langkah terpenting dalam merencanakan keuangan adalah mengetahui ke mana saja dana tersebut harus Anda tujukan. Apabila Anda memiliki tradisi membelikan kado untuk keluarga dan teman, buatlah daftar orang-orang yang akan Anda berikan hadiah. Catat pula barang apa yang ingin kamu beli beserta budget yang dibutuhkan untuk masing-masing barang.

Sedangkan jika Anda memiliki rencana untuk bepergian, pastikan Anda sudah mengetahui destinasi wisata yang akan dikunjungi serta berapa dana yang dibutuhkan untuk transportasi, penginapan, makan dan jajan, hingga oleh-oleh. Anda mungkin memiliki beberapa rencana dinner untuk merayakan Natal dan tahun baru bersama teman-teman.

Dengan digibank Pay Later, kini Anda tidak perlu mengkhawatirkan budget ketika ingin membeli sesuatu. Semudah mengubah transaksi kartu kredit menjadi cicilan hingga 60 bulan melalui aplikasi digibank by DBS atau cicilan dengan bunga 0% hingga 24 bulan di berbagai e-commerce, Anda dapat memesan kado berkesan untuk orang tercinta hingga membeli tiket pesawat untuk berlibur.

2. Track pemasukan dan pengeluaranmu secara cerdik

Setelah mengetahui ke mana saja uang harus dialokasikan, pastikan juga Anda mencatat pemasukan dan pengeluaran agar selalu on track. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun penting agar Anda mengetahui dari mana sumber pemasukan berasal sekaligus membantu kamu secara cerdik menentukan skala prioritas, mengendalikan pengeluaran, serta membuat keputusan keuangan yang lebih bijaksana. Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran, maka Anda dapat melihat apakah terjadi pemborosan berdasarkan budget yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Saat ini, mencatat pengeluaran semakin mudah, salah satunya melalui riwayat transaksi yang bisa langsung Anda monitor dalam aplikasi digibank by DBS. Rekening perbankan Anda juga dilengkapi dengan e-statement yang dapat Anda download kapanpun. Lebih dari itu, agar arus pengeluaran tetap terkendali, Anda bisa mengalokasikan tabungan di Dompet Maxi pada aplikasi digibank by DBS, di mana Anda bisa menikmati bunga tabungan yang lebih tinggi dari tabungan biasa, yaitu sekitar 3% per tahun.

3. Mulai perencanaan untuk tahun depan dengan tentukan tujuan tabungan

Menabung identik dengan menyisihkan uang untuk masa depan dan terkesan harus mengorbankan kesenangan saat ini. Tetapi sebenarnya bila direncanakan secara cerdik, Anda bisa melakukan keduanya. Caranya adalah dengan membuat tujuan untuk apa Anda menabung, misalnya untuk membeli rumah, investasi, liburan, atau nonton konser musisi favorit Anda. Dengan menetapkan tujuan yang spesifik, Anda dapat menentukan jumlah dana yang harus ditabung setiap bulannya. Hal ini memungkinkan Anda untuk tetap menikmati momen-momen spesial sambil memastikan bahwa sebagian pendapatan dialokasikan untuk masa depan.

Akan lebih baik lagi jika Anda memisahkan tabungan berdasarkan masing-masing tujuan agar dana tidak tercampur, apalagi jika Anda baru saja mendapatkan THR akhir tahun. Fitur Dompet Maxi pada aplikasi digibank by DBS adalah solusi yang tepat untuk menata tabungan Anda. Melalui fitur ini, Anda bisa mengalokasikan budget lebih rapi dengan membuat hingga 20 dompet dengan penamaan yang customizable. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan bunga hingga 7% per tahun hingga akhir Desember 2023. Bunga ini bisa kamu investasikan kembali sehingga membantu goals finansial Anda bisa lebih cepat tercapai.

4. Cerdik berinvestasi untuk masa depan

Selain menabung, Anda juga bisa melakukan investasi sebagai salah satu pemasukan tambahan. Berinvestasi memiliki beberapa manfaat, seperti menumbuhkan aset, melindungi diri dari inflasi, hingga membawa Anda selangkah lebih dekat menuju tujuan keuangan di masa depan. Namun sebelum berinvestasi, pastikan Anda sudah memahami jenis-jenis produk investasi yang ada seperti reksadana, obligasi, deposito, dan lain-lain. Anda juga perlu mengetahui profil risiko Anda agar dapat menentukan produk investasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Saat ini, digibank by DBS memiliki lebih dari 120 pilihan produk investasi, mulai dari reksadana pasar uang, reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, obligasi pemerintah baik di pasar perdana maupun pasar sekunder, hingga deposito rupiah dan valas. Seluruh instrumen investasi ini dapat kamu akses dalam satu aplikasi sehingga mudah untuk dikelola dan terjamin keamanannya.

5. Antisipasi risiko dengan asuransi!

Tidak hanya menumbuhkan aset, melindungi aset yang sudah Anda miliki serta memproteksi diri sendiri juga penting. Salah satunya adalah dengan asuransi. Dengan adanya asuransi, Anda dapat menjaga kestabilan keuangan keluarga, mewujudkan masa depan yang diinginkan, serta memproteksi diri dan orang terdekat dari kejadian tak terduga seperti kehilangan pekerjaan, penyakit, dan lain-lain.

Agar Anda dapat menikmati liburan akhir tahun seutuhnya dan untuk memberikan peace of mind, jangan lupa lengkapi travelling-Anda dengan asuransi perjalanan Chubb Smart Travel Shield. Asuransi ini menjadi solusi untuk perlindungan menyeluruh, mulai dari perlindungan medis hingga Rp4 miliar selama Anda berada di luar negeri, kehilangan/penundaan bagasi hingga Rp35 juta, penundaan jadwal penerbangan hingga Rp7 juta, hingga kehilangan isi rumah atau kebakaran rumah selama Anda bepergian hingga Rp50 juta.

Sedangkan untuk persiapan masa depan, Anda bisa memanfaatkan MiFirst Life Protector (MiFLIP) yang merupakan kolaborasi Bank DBS Indonesia dengan Manulife Indonesia. MiFLIP merupakan produk asuransi jiwa yang dirancang untuk melindungi nasabah, mempersiapkan kebutuhan masa depan, sembari mengantisipasi ketidakpastian hidup. Asuransi ini pun memberikan perlindungan hingga Rp1 miliar tanpa perlu medical check up dengan pembayaran premi terjangkau mulai dari Rp50.000 dan dapat dibeli melalui aplikasi digibank by DBS.

6. Jangan lupa "self-reward"

Menabung dan merencanakan keuangan masa depan secara cermat itu harus, tetapi jangan lupa menikmati hasil kerja keras Anda dengan memberikan reward untuk diri sendiri. Reward tersebut bisa berbentuk barang, nonton konser idola, hingga pengalaman liburan ke tempat spesial yang ada di wishlist Anda.

Bagi Anda yang ingin self-reward dengan jalan-jalan, Anda bisa menggunakan mileage Kartu Kredit Travel dari digibank by DBS, sehingga bayar tiket jadi lebih hemat dan tidak mengganggu cashflow atau tabungan Anda. Lebih dari itu, Anda juga bisa memanfaatkan poin rewards untuk mendapatkan potongan belanja di merchant di dalam dan luar negeri.

Dikatakan Deputy Head of Consumer Banking PT Bank DBS Indonesia, Melfrida Gultom, akhir tahun menjadi saat yang ditunggu-tunggu setiap orang dengan berbagai perayaan dan kemeriahannya. Namun di saat yang sama, ini menjadi momen yang tepat bagi kita untuk menentukan resolusi di tahun yang akan datang, termasuk resolusi keuangan. "Bank DBS Indonesia melalui kampanye #JalaniCerdikmu berkomitmen untuk memperlengkapi nasabah dengan berbagai cara-cara cerdik dalam mengelola keuangan untuk mendukung mereka memaksimalkan kebahagiaan di tengah banyaknya prioritas hidup, yakni kesenangan di hari ini dan perencanaan untuk masa depan, sejalan dengan prinsip "Live more, Bank less" yang kami usung," ujarnya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year