telkomsel halo

Tokopedia dan TikTok hadirkan kampanye "Beli Lokal" di Harbolnas 12.12

05:48:10 | 13 Dec 2023
Tokopedia dan TikTok hadirkan kampanye &quotBeli Lokal" di Harbolnas 12.12
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Penghujung tahun biasanya akan dimeriahkan dengan promo-promo menarik yang ditawarkan oleh para pelaku usaha termasuk UMKM di Indonesia. Salah satunya adalah melalui Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 2023 yang merupakan kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri digital di Indonesia.

Menurut Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, Harbolnas merupakan kesempatan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk makin bangga dalam menggunakan produksi buatan Indonesia. "Salah satu cara untuk mewujudkan rasa bangga itu adalah dengan membeli dan menggunakan produk-produk buatan dalam negeri,” ujarnya.

Pada tahun 2022, Harbolnas mencatat transaksi sebesar Rp22.7 triliun atau meningkat sebesar 26% dari transaksi di tahun sebelumnya. Pembelian produk lokal pun tercatat meningkat hampir 18% dari pembelian tahun lalu dengan nilai Rp18 triliun.

Ia berharap, transaksi pada Harbolnas 2023 ini juga akan meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya, tentunya dengan pembelian produk lokal yang juga akan terus meningkat. "Para pelaku usaha terutama pelaku usaha lokal dapat memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualannya dan memperluas pasar,” tambahnya.

Momen belanja online jelang akhir tahun yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat adalah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada tanggal 12 Desember.

Sementara, Presiden Tokopedia, Melissa Siska Juminto mengatakan, Tokopedia berkomitmen untuk terus mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan, termasuk pada saat momen 12.12, lewat deretan inisiatif dan menghadirkan berbagai promo agar masyarakat dapat berbelanja online dengan lebih terjangkau. "Salah satunya dengan menghadirkan kampanye ‘Beli Lokal," tegasnya.

Menurut Melissa, selain menguntungkan bagi pembeli, momen Harbolnas 12.12 dan kampanye Beli Lokal juga diharapkan bisa mendongkrak penjualan para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal. “Tokopedia sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia bersama mitra strategis selalu berupaya mendorong produk buatan lokal menjadi pilihan utama masyarakat,” tambahnya.

Tokopedia berkolaborasi dengan pemerintah dalam meluncurkan kampanye Beli Lokal agar pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, bisa mendapatkan panggung yang lebih luas termasuk saat momen Harbolnas 12.12. Di kampanye ini, ada pula deretan promo diskon hingga Rp100.000 agar masyarakat bisa belanja produk lokal dengan lebih hemat.

Tokopedia selalu berkolaborasi dengan seluruh mitra strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional terutama lewat pemanfaatan kanal digital. Salah satu kolaborasi yang dijalankan oleh Tokopedia adalah melalui kerja sama dengan TikTok Indonesia untuk kampanye 'Beli Lokal' di saat momen Harbolnas 12.12.

Sebagai komitmen dalam mendorong pertumbuhan UMKM lokal dan juga mempermudah masyarakat untuk belanja online, TikTok turut mendukung Hari Belanja Nasional dengan ikut menghadirkan kampanye Beli Lokal bersama Tokopedia. Kampanye ‘Beli Lokal’ akan dapat ditemukan juga di aplikasi TikTok Indonesia untuk dapat memperluas jangkauan para pelaku usaha terutama UMKM.

Dikatakan Direktur Eksekutif E-Commerce, Tik Tok, Indonesia, Stephanie Susilo, dengan hadirnya kampanye 'Beli Lokal' pada aplikasi TikTok, para pelaku usaha, terutama UMKM lokal dapat berinteraksi secara langsung dengan pembeli dengan lebih atraktif.

Kampanye Beli Lokal yang dihadirkan oleh Tokopedia dan TikTok diharapkan dapat mendorong pertumbuhan UMKM Indonesia di penghujung tahun 2023. Selain itu, kampanye Beli Lokal ini diharapkan juga dapat turut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year