telkomsel halo

DAMO Academy manfaatkan AI untuk deteksi dini kanker pankreas

07:38:53 | 05 Dec 2023
DAMO Academy manfaatkan AI untuk deteksi dini kanker pankreas
Damo Academy (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Institut penelitian Alibaba Group, DAMO Academy, mengumumkan pengembangan metode pendeteksian dini yang didukung oleh teknologi AI untuk mendeteksi kanker pankreas dengan akurasi tinggi, sebuah terobosan signifikan yang membuat pendeteksian kanker pankreas skala besar menjadi mungkin.

Algoritma berbasis deep-learning dapat mendeteksi kerusakan pankreas yang sulit diamati oleh mata manusia pada non-contrast CT-scan, sehingga memungkinkan peningkatan kualitas visual hasil pemindaian untuk kanker pankreas.

Menurut jurnal terbaru dari Nature Medicine, model yang dilatih pada lebih dari 3.200 set gambar, mencapai capaian tinggi pada indikator diagnostik yang penting. Model ini mencapai tingkat ketepatan 99,9%, yang menunjukkan bahwa hanya ada satu hasil positif-palsu dalam setiap 1.000 tes dan sensitivitas 92,9%, mengungguli hasil dari tenaga radiolog sebesar 34,1% dalam sensitivitas dan 6,3% dalam ketepatan.

Bekerja sama dengan lebih dari sepuluh institusi medis terkemuka dunia, peneliti dari DAMO Academy menggunakan metode pendeteksian berbasis AI untuk memeriksa lebih dari 20.000 pasien dan mendeteksi 31 kasus perubahan patologis yang sebelumnya terlewat oleh dokter. Model ini telah digunakan lebih dari 500.000 kali di rumah sakit dan rangkaian pemeriksaan medis di Cina.

Dikatakan Head of Damo Academy dari Alibaba dan anggota di IEEE, Le Lu, deteksi dini kanker pankreas sulit diwujudkan dalam pendeteksian konvensional, yang mengakibatkan terlambatnya deteksi dan prognosis buruk. "Teknologi AI plus non-contrast CT bertujuan untuk menjadi sebuah perangkat yang efektif dan hemat biaya untuk mencapai deteksi kanker pankreas di tahap awal, dan membuat pendeteksian kanker pankreas skala besar mungkin dilakukan untuk mencegah kehilangan nyawa," ujarnya.

Tingkat kelangsungan hidup kanker pankreas memang rendah jika dibandingkan dengan kanker lain, sebagian disebabkan karena seringnya penyakit tersebut ditemukan pada tahap lanjut ketika pengobatan sulit untuk dilakukan. Ini adalah penyebab kematian ketujuh terkait kanker di seluruh dunia, dengan tingkat kelangsungan hidup lima tahun rata-rata sekitar 5 hingga 10 persen.

Dikombinasikan dengan non-contrast CT imaging, teknologi pendeteksian dini dapat membantu dokter dengan deteksi dini kanker pankreas, sebagaimana penyakit tersebut cukup mengancam mengingat gejalanya sering tidak spesifik. Hal Ini juga dapat diterapkan dalam upaya pendeteksian skala besar, misalnya, dengan menjadikan non-contrast CT sebagai pilihan dalam pemeriksaan medis rutin atau selama kunjungan ke departemen gawat darurat.

Menurut Jörg Kleeff & Ulrich Ronellenfitsch dari Universitas Martin-Luther Halle-Wittenberg, Pusat Medis Universitas Halle (Saale) di Jerman, matriks akurasi algoritma adalah lebih superior dari beberapa metode pendeteksian yang diakui seperti Pap smear untuk kanker serviks atau mamografi untuk kanker payudara. Metode pemeriksaan Ini menarik untuk diintegrasikan sebagai metode spesifik dalam upaya pendeteksian skala besar, pendeteksian berbasis AI adalah pendekatan yang sangat menjanjikan dengan potensi untuk dampak klinis dalam waktu dekat. Para profesor juga menunjukkan bahwa penilaian lebih lanjut diperlukan sebelum siap digunakan dalam praktik yang luas. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year