telkomsel halo

Tokopedia ungkap tren belanja produk kesehatan selama Q3-23

06:07:00 | 13 Nov 2023
Tokopedia ungkap tren belanja produk kesehatan selama Q3-23
JAKARTA (IndoTelko) - Tokopedia mengungkap tren belanja produk kesehatan di platformnya selama kuartal ketiga 2023 (Q3-23)

"Tokopedia mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai produk kesehatan sekaligus membantu pelaku usaha di bidang kesehatan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Kesehatan menjadi salah satu kategori produk yang paling laris di Tokopedia sepanjang kuartal III 2023," jelas Head of Communications Tokopedia (GoTo E-commerce), Aditia Grasio Nelwan.

Diungkapkannya, kini sudah ada lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia yang memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk terdaftar, termasuk produk kesehatan, dengan harga transparan. "Sejumlah wilayah di Indonesia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah penjual produk kesehatan, yaitu Maluku Utara, Jambi dan Sulawesi Tenggara, dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat," jelas Aditia.

Selain itu, beberapa produk kesehatan paling laris di Tokopedia, antara lain multivitamin, perlengkapan medis (seperti alat bantu pernapasan dan alat laboratorium) dan obat-obatan dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 11 kali lipat.

Vice President of Tokopedia Marketing Solutions, Edwin Chayadi menambahkan untuk membantu pelaku bisnis di bidang kesehatan memaksimalkan potensi e-commerce, Tokopedia menghadirkan solusi pemasaran menyeluruh, Tokopedia Marketing Solutions. Lewat Tokopedia Marketing Solutions, pelaku usaha dari berbagai skala dan bidang, termasuk kesehatan, bisa menjangkau lebih banyak pengguna Tokopedia yang saat ini tersebar di 99% kecamatan di Indonesia, dengan hadir di seluruh consumer purchase journey. Mulai dari saat konsumen mengeksplor halaman utama Tokopedia, mencari produk, atau dari media sosial."

Beberapa pelaku bisnis di bidang kesehatan yang memanfaatkan Tokopedia Marketing Solutions dan mengalami peningkatan bisnis, contohnya OMRON Healthcare, Sido Muncul dan Kimia Farma Apotek.

Kimia Farma Apotek (KFA), integrated healthcare company di Indonesia, telah memanfaatkan Tokopedia Marketing Solutions, dalam hal ini TopAds, Dynamic Channel, Broadcast Chat dan Tokopedia Display Network. KFA berhasil mengalami peningkatan pendapatan di e-commerce sebesar 19 kali lipat dibandingkan sebelum memanfaatkan Tokopedia Marketing Solutions.

Keberhasilan KFA tidak lepas dari komitmen perusahaan untuk melakukan transformasi digital dan mengeksplorasi seluruh fitur promosi yang ada di e-commerce. Sebagai perusahaan dengan jaringan apotek terbesar dan penyedia layanan kesehatan terkemuka, KFA terus berinovasi seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang mengkombinasikan online dan offline. KFA kini memiliki Official Store di Tokopedia dengan total 4.500 SKU, melengkapi 1800 jaringan outlet fisiknya yang meliputi apotek, klinik, hingga vending machines.

"Sebagai perintis layanan farmasi di Indonesia, kami menyadari betapa pentingnya orientasi pada pelanggan dan memperluas point of sales di berbagai saluran seperti digital maupun physical store. Kerja sama kami dengan Tokopedia Marketing Solutions telah memainkan peran kunci dalam mendorong perjalanan digital kami. Dengan peningkatan luar biasa sebanyak 19 kali lipat dalam penjualan e-commerce, Tokopedia telah mendukung kami untuk memperkuat posisi sebagai pemimpin pelayanan kesehatan di ranah digital," ungkap Agus Chandra, Direktur Utama KFA.

Ada pula, OMRON Healthcare, produsen alat kesehatan berteknologi tinggi. OMRON Healthcare aktif mengikuti kampanye Tokopedia, Waktu Indonesia Belanja (WIB), dan memaksimalkannya dengan Tokopedia Marketing Solutions, dalam hal ini menggunakan solusi iklan TopAds, Broadcast Chat dan Tokopedia Display Network.

OTC & EC Sales Manager OMRON Healthcare Indonesia, Muhammad Zicofadly, mengatakan kerja sama dengan Tokopedia Marketing Solutions adalah game-changer bagi OMRON Healthcare Indonesia. "Dengan memanfaatkan Tokopedia Marketing Solutions saat berpartisipasi dalam kampanye WIB, kami berhasil mengembangkan official store kami di Tokopedia dan mengalami lonjakan pesanan lebih dari 4 kali lipat," katanya.

Di sisi lain, Sido Muncul, produsen jamu dan obat herbal modern dari Semarang, mengoptimalkan pemanfaatan Tokopedia Marketing Solutions saat kampanye HUT ke-14 Tokopedia. Sido Muncul menggunakan Tokopedia Marketing Solutions dengan berpromosi melalui Homepage Banner dan Meta Collaborative Ads.

Head of Digital and Omnichannel Marketing, Sido Muncul Damai Argakasih Lazuardinur mengatakan penggunaan Tokopedia Marketing Solutions pada HUT ke-14 Tokopedia sangatlah efektif dengan nilai Return on Ad Spend (ROAS) mencapai hampir 7,5 kali lipat. "Keberhasilan tersebut mencakup peningkatan pesanan terhadap produk flagship kami Tolak Angin, dan produk herbal lain, seperti ESTE EMJE, Herbal Garlic dan Kunyit Asam," katanya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year