telkomsel halo

Deel luncurkan Deel IQ

06:39:00 | 10 Nov 2023
Deel luncurkan Deel IQ
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Platform menyeluruh yang mendukung manajemen sumber daya manusia (SDM) untuk tim global, Deel baru-baru ini meluncurkan Deel IQ, asisten kerja global yang didukung oleh AI. Deel IQ memungkinkan bisnis baik perusahaan rintisan kecil maupun perusahaan besar untuk mengakses informasi andal seputar SDM global dengan mudah.

Diperkuat oleh ChatGPT OpenAI, Deel IQ disempurnakan dengan adanya akses ke data Basis Pengetahuan (Knowledge Base) Global Deel — diperlengkapi oleh tim internal yang terdiri dari 200 orang pakar SDM dan pengacara lokal. Sumber daya ini memberikan Deel IQ kemampuan untuk membantu organisasi mana pun menjadi pakar SDM global dengan satu sumber informasi terkait kepatuhan.

Studi dari Linkedln mengungkapkan bahwa para pekerja di Indonesia menunjukkan tingkat antusiasme tertinggi untuk mengintegrasikan AI ke dalam pekerjaan mereka sebesar 99% menunjukkan ketertarikan, hingga melampaui negara lain di kawasan Asia-Pasifik (APAC). Sebanyak 82% pekerja di Indonesia juga terbuka untuk menggunakan AI dalam membantu meringankan permasalahan pekerjaan yang sulit untuk diselesaikan.

Hasil survey ini menunjukkan bahwa dunia usaha dan karyawan di Indonesia telah mengenal dan mengintegrasikan AI ke dalam pekerjaan sehari-hari mereka, dan hal ini tidak terkecuali terhadap departemen SDM. Banyak perusahaan telah memanfaatkan potensi AI dalam berbagai tugas seperti menganalisis data untuk mengidentifikasi indikator kepuasan karyawan, mengoptimalkan proses perekrutan dengan menggunakan algoritma untuk meninjau CV kandidat, dan memfasilitasi pengelolaan dan pembuatan jalur karir bagi karyawan.

Selanjutnya, agar tetap kompetitif di pasar yang terus berkembang, perusahaan harus dapat terus beradaptasi dengan tren terkini di bidang SDM, khususnya dalam lanskap perekrutan dan manajemen karyawan global. Akhir-akhir ini semakin banyak organisasi yang beralih ke AI untuk membantu mengelola talenta dan sistem SDM mereka.

Dengan memanfaatkan Deel IQ, perusahaan dapat memperoleh informasi akurat mengenai peraturan undang-undang setempat dan praktik terbaik di lebih dari 150 negara di seluruh dunia, memanfaatkan Basis Pengetahuan Deel untuk membantu memastikan kepatuhan terhadap peraturan bagi setiap karyawannya, di mana pun mereka tinggal.

Perusahaan juga dapat menggunakan Deel IQ untuk mengumpulkan poin data secara cepat untuk dapat ditindaklanjuti, seperti total biaya terkait karyawan atau jumlah karyawan di bidang keterampilan tertentu, secara langsung dari data perusahaan mereka melalui platform Deel. Dengan memanfaatkan data tenaga kerja tersebut, bisnis dapat membuat laporan instan untuk mendapatkan wawasan penting tentang tim mereka tanpa harus bergantung pada proses pelaporan manual berbasis spreadsheet.

Menurut Head of Expansion Deel Asia, Karen Ng, dengan Deel IQ, bisnis dapat dengan mudah mengakses informasi SDM global yang andal dari Deel, ditambah wawasan yang bersumber dari data tenaga kerja mereka sendiri.

"Yang perlu dilakukan oleh para pemimpin bisnis dan tim SDM hanyalah mengajukan pertanyaan yang relevan, dan mereka dapat memanfaatkan informasi yang mereka perlukan untuk membuat keputusan perekrutan yang tepat," jelasnya.

Karen menambahkan, Deel telah menyediakan alat serta kepercayaan diri yang dibutuhkan oleh bisnis di seluruh dunia untuk menemukan talenta dan mengembangkan bisnisnya di negara lain. "Deel IQ membantu bisnis untuk mencegah kesalahan lebih lanjut dalam perekrutan global dan manajemen karyawan, sehingga mereka dapat lebih berfokus dalam pengembangan bisnis dan penerapan strategi jangka panjang perusahaan," katanya.

Deel menekankan bahwa Deel IQ memberikan informasi tentang data kontrak dan faktur, serta disaat yang bersamaan juga memastikan keamanan dengan berbagai tahapan perlindungan. Akses ke AI dan database dibatasi pada lingkungan Virtual Private Cloud (VPC) Deel, sehingga memastikan bahwa data tidak dibagikan secara publik. Deel IQ dilindungi oleh kontrol akses, yang menjamin bahwa akses data dibatasi secara eksklusif untuk pengguna dengan izin yang sesuai. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year