telkomsel halo

Biznet terus perluas jangkauan hingga ke seluruh wilayah Indonesia

05:36:00 | 10 Nov 2023
Biznet terus perluas jangkauan hingga ke seluruh wilayah Indonesia
Hasil inovasi Biznet (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia, Biznet, terus berinovasi di tahun 2023. Salah satunya melalui layanan Biznet Home, yaitu layanan internet WiFi untuk perumahan dan apartemen menghadirkan campaign #IniBaruInternetRumah. Kampanye ini menjadi salah satu bentuk keseriusan Biznet untuk mendukung aktivitas digital masyarakat.

Dengan coverage di lebih dari 180 kota dari berbagai pulau di Indonesia, Biznet membuktikan bahwa segala hal juga bisa diwujudkan menjadi nyata, meskipun dilakukan dari rumah.

Selain mendapat respon positif dari masyarakat, kampanye #IniBaruInternetRumah juga mendapatkan pengakuan di ajang SMARTIES Indonesia Awards 2023 baru-baru ini. Acara yang diadakan oleh Asosiasi Perdagangan Pemasaran Terkemuka di Indonesia, MMA Global Indonesia, menyerahkan dua penghargaan kepada Biznet dan full service marketing agency, STEB Asia untuk kategori Cross Digital Media Marketing Silver Winner dan Customer Journey Marketing-Lead Generation/CRM Bronze Winner. Kedua penghargaan ini berhasil diperoleh dari total 549 entri dan 145 nominasi kampanye marketing lainnya.

Kampanye ini sendiri berangkat dari kondisi akan penetrasi internet di Indonesia. Mengutip data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2023 telah mencapai lebih dari 215 juta orang, yaitu setara 77% dari total populasi Indonesia. Meski demikian, Indonesia menduduki peringkat kedelapan sebagai negara dengan banyak penduduk yang belum terkoneksi internet. Senada dengan temuan tersebut, creative agency global-We Are Social melaporkan, ada 63,51 juta penduduk di seluruh Tanah Air yang belum terkoneksi internet hingga awal tahun ini.


Melihat jumlah pengguna internet dan tingkat kebutuhan internet yang terus meningkat, untuk mendukung akselerasi digital di Indonesia dengan layanan Internet WiFi, Biznet menghadirkan inovasi layanan dengan menghadirkan bandwidth yang besar, kecepatan upload dan download yang simetris, serta cakupan area yang luas.

Untuk mewujudkan hal ini, salah satunya dengan ekspansi yang terus dilakukan Biznet dari tingkat kota hingga area kabupaten di seluruh Indonesia. Melalui marketing campaign #IniBaruInternetRumah yang dijalankan di tingkat nasional, Biznet berharap dapat menjadi bagian nyata untuk mewujudkan masyarakat yang kreatif dan inovatif di era digital.

Biznet Home menggunakan pendekatan secara hyperlocal yang dilakukan berdasarkan riset pengguna di tiap-tiap wilayah. Pendekatan hyperlocal ini dikustomisasi dengan penggunaan contextual ads berbasis artificial intelligence (AI) yang memungkinkan pengguna menerima informasi yang relevan dengan minat, preferensi, serta lokasi mereka. Seluruh materi campaign juga disebarkan lewat omni-channel, mulai dari TV, radio, billboard, events, hingga 360 digital channels berbasis AI.

Kampanye #IniBaruInternetRumah berhasil menyasar ke pengguna di wilayah lokal hingga nasional, menghasilkan high qualified leads, mengkonversinya ke sales, hingga meningkatkan customer lifetime value, termasuk dengan mengaktifkan kembali para pengguna lama.

Hingga 3 bulan campaign berlangsung, strategi ini mengantarkan Biznet untuk mencatatkan pencapaian positif di tiap metrics, seperti cost per acquisition (CPA) yang lebih rendah 40%, peningkatan return on ad spending (ROAS) sebesar 63%, hingga awareness yang tinggi bahkan di wilayah jangkauan yang baru. Seluruh metrics membuktikan pencapaian ini menjadi tahun tersukses kampanye business to consumer (B2C) Biznet.

Strategi inilah yang dijalankan Biznet bersama STEB Asia, full-service marketing agency yang telah menjadi partner Biznet selama tiga tahun belakangan ini. Sebagai agency yang ditunjuk, STEB Asia bertanggung jawab mulai dari pembuatan strategi, riset pengguna, optimasi campaign di lintas media termasuk digital & content marketing, website, hingga digital PR.

Dikatakan Senior Manager Marketing Consumer Biznet, Adrianto Sulistyo, sesuai misi Biznet untuk memperkecil kesenjangan digital di Indonesia, maka di tahun ini, Biznet tetap berkomitmen untuk terus memperluas jangkauan agar lebih banyak masyarakat yang dapat terkoneksi dengan internet terbaik yang mampu mendukung beragam aktivitas digital masyarakat sehari-hari.

"Dengan campaign berskala nasional di seluruh lini komunikasi yang dijalankan bersama STEB Asia, kami optimis mampu mewujudkan komitmen ini dan mendukung terciptanya akselerasi digital di seluruh wilayah Indonesia," ujarnya.

Sementara, CEO dan Founder STEB Asia, Meutia Adryana, mengungkapkan, sepanjang tiga tahun bekerja bersama Biznet, pihaknya terus melihat adanya perkembangan hasil kampanye yang signifikan. "Strategi penetrasi internet melalui jangkauan lebih luas dan melihat peluang yang sangat besar di pasar Indonesia ini mendorong kami untuk terus mendobrak target dengan mengeksplorasi sisi kreatif yang disampaikan secara personal ke masing-masing karakter pengguna di tiap wilayah berbeda. Terbukti pada campaign tahun ini yang telah menjadi sebuah pembuktian akan kolaborasi efektif dari kedua partner yang terlibat," jelasnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year