telkomsel halo

Tokopedia Beauty Awards 2023 kembali hadir, ini cara agar makeup tahan lama

04:58:00 | 05 Nov 2023
Tokopedia Beauty Awards 2023 kembali hadir, ini cara agar makeup tahan lama
Tokopedia Beauty Awards 2023 (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Tokopedia kembali menghadirkan Tokopedia Beauty Awards (TBA) 2023 dengan membuka fase pertama voting terhadap brand kecantikan dan perawatan tubuh favorit di 32 kategori penghargaan lewat aplikasi Tokopedia hingga 5 November 2023. Fase ke-dua voting akan berlangsung sepanjang 6-19 November 2023.

Menurut Beauty and Personal Care Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli, Tokopedia Beauty Awards adalah ajang penghargaan tahunan sekaligus upaya Tokopedia untuk mengapresiasi dan mendorong produk dari brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh agar makin menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

"Pada Tokopedia Beauty Awards 2022 lalu, antusiasme masyarakat sangat tinggi dalam melakukan voting, terbukti dengan ratusan ribu votes dari masyarakat di seluruh Indonesia," katanya.

Hal ini mendorong Tokopedia untuk kembali menghadirkan Tokopedia Beauty Awards 2023. Hasil pemenang Tokopedia Beauty Awards 2023 akan diumumkan pada malam penganugerahan pada Desember 2023 mendatang. "Para pemenang akan mendapat berbagai keuntungan untuk menunjang usaha, mulai dari badge Tokopedia Beauty Awards untuk meningkatkan kepercayaan pembeli, peluang untuk mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia secara eksklusif, modal untuk pemasaran dan masih banyak lagi," jelasnya.

Tokopedia pun mencatat berbagai data menarik seputar tren belanja online masyarakat, khususnya berkaitan dengan produk kecantikan dan perawatan tubuh, selama semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi.

"Jumlah transaksi pada kategori produk Perawatan Wajah naik hampir 2 kali lipat di semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi. Sedangkan, jumlah transaksi pada kategori produk Perawatan Tubuh naik hampir 3 kali lipat," tambah Stefanie.

"Dari segi jumlah penjual, pada periode yang sama, kategori produk Perawatan Tubuh mengalami kenaikan jumlah penjual hampir 2 kali lipat. Sedangkan dari segi jumlah pembeli, kategori produk Kecantikan mencatat lonjakan jumlah pembeli hampir 2 kali lipat. Di sisi lain, jumlah pembeli pada kategori produk Perawatan Tubuh naik lebih dari 4 kali lipat," jelasnya.

"Selama semester I 2023 kami mencatat beberapa produk yang paling laris. Misalnya di kategori produk Perawatan Wajah serta Kecantikan, produk yang paling laris adalah cleanser wajah, serum wajah dan krim wajah, sedangkan produk yang paling laris di kategori produk Perawatan Tubuh yaitu sabun mandi, shampoo dan parfum," katanya.

Tokopedia juga mencatat temuan menarik di berbagai daerah. Misalnya, Sumatera Selatan, Bali dan Sulawesi Selatan merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di kategori produk Perawatan Wajah selama semester I 2023 pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi, dengan peningkatan rata-rata hingga hampir 3 kali lipat.

Sementara, Riau, D.I. Yogyakarta dan Bali tercatat sebagai beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di kategori produk Perawatan Tubuh, pada periode yang sama, dengan peningkatan rata-rata hingga hampir 4 kali lipat.

Sedangkan Lampung, Sulawesi Selatan dan Bali menjadi beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di kategori produk Kecantikan, masih dalam periode yang sama, dengan peningkatan rata-rata lebih dari 2,5 kali lipat.

Melalui Stefanie, Tokopedia membagi lima cara agar makeup tetap awet di masa pancaroba, antara lain :

    Rutin bersihkan wajah agar selalu terlihat cerah

Di tengah musim pancaroba, produksi minyak pada wajah yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan kulit. Pastikan kulit wajah terus sehat, bersih dan lembab agar makeup tetap teraplikasi dengan sempurna.

"Untuk tipe kulit kering, hindari mencuci wajah dengan menggunakan scrub atau exfoliator. Setelah dibersihkan dengan sabun khusus wajah, jaga kelembabannya dengan pelembab yang kaya kandungannya, seperti protein, mineral dan sebagainya," jelas Dokter Kecantikan, dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK.

    Kenali tipe kulit agar lebih mudah saat memilih produk

Gunakan produk kecantikan sesuai dengan jenis kulit membuat makeup lebih awet dan wajah terlihat segar sepanjang hari.

"Cuaca ekstrem juga dapat menyebabkan kondisi kulit dehidrasi. Untuk kulit berminyak, gunakan pelembab bertekstur lotion atau water based. Sedangkan untuk kulit kering, pelembab bertekstur creamy akan membantu menambah kadar air dalam kulit," jelas dr. Kardiana bersama Tokopedia.

3. Hindari makeup yang terlalu tebal

Terlalu banyak menggunakan bedak yang tebal bisa membuat produk kecantikan terkelupas di siang hari, terlebih jika aktivitas yang dilakukan banyak di luar ruangan. "Pilih produk makeup tahan air seperti waterproof mascara, eye liner, atau lipstik yang cenderung lebih tahan lama," jelas Stefanie.

"Masyarakat bisa memakai fitur Augmented Reality (AR) di Tokopedia untuk mencoba berbagai produk makeup, seperti lipstik, foundation dan lain-lain, secara virtual sebelum membeli. Ke depannya, fitur ini akan diterapkan untuk lebih banyak kategori produk," tambahnya.

4. Dalam keadaan apa pun, tetap pakai sunscreen

Akhiri langkah-langkah penggunaan skincare dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya untuk mencegah efek buruk yang bisa timbul dari paparan sinar matahari.

"Sinar matahari mengandung gelombang radiasi UVA dan UVB yang dapat menembus jendela, maka produk skincare seperti sunscreen penting digunakan meski beraktivitas di dalam rumah. Untuk menangkal sinar UVA dan UVB, pakai sunscreen berformula multi-spectrum atau broad-spectrum. Kulit orang Indonesia cukup memilih sunscreen dengan SPF 30-50 PA++++," kata Dokter Kecantikan, dr. Abelina.

5. Gunakan setting spray sebagai kunci makeup anti-luntur

Produksi minyak yang berlebih pada kulit merupakan salah satu penyebab utama makeup luntur di siang hari. Untuk mencegahnya, selalu sediakan blotting paper atau kertas penyerap minyak wajah untuk menghilangkan penumpukan minyak pada wajah.

Alternatifnya, masyarakat bisa menyemprotkan setting spray pada wajah setelah mengaplikasikan makeup. Fungsi setting spray adalah untuk menjaga riasan tetap awet, tidak mudah luntur, dan terlihat menyatu dengan kulit wajah sehingga hasil makeup bisa lebih glowing. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year