telkomsel halo

Di Apsara Conference, Alibaba Cloud pamerkan inisiatif AI termutakhir

05:33:36 | 03 Nov 2023
Di Apsara Conference, Alibaba Cloud pamerkan inisiatif AI termutakhir
Apsara Conference (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Tulang punggung teknologi digital dan kecerdasan buatan dari Alibaba Group, Alibaba Cloud, memamerkan serangkaian model AI khusus industri di Apsara Conference, sebuah acara teknologi unggulan tahunan Alibaba Cloud. Model-model terbaru ini dibangun di atas Tongyi Qianwen, model fondasi milik Alibaba Cloud, dan dirancang untuk menyederhanakan operasi bisnis dan meningkatkan pengalaman user.

Pada kesempatan ini, Alibaba Cloud juga meluncurkan berbagai inovasi AI, termasuk perangkat pembuat avatar digital dan perangkat AI text-to-image. Produk-produk AI terbaru ini bertujuan untuk menyederhanakan proses pembuatan konten digital untuk berbagai sektor bisnis.

Ada beberapa inovasi AI terkemuka yang dipamerkan Alibaba Cloud :

1. Pembuatan Karakter dan Model AI untuk Percakapan (Tongyi Xingchen)

Model ini memfasilitasi interaksi yang menarik dengan karakter visual yang menyerupai respon manusia. Ini memungkinkan para pengguna untuk membuat karakter mereka sendiri dan berinteraksi dengan karakter tersebut untuk mendapatkan teman pendamping yang dibuat dengan menonjolkan pada kepribadian, dukungan emosional, dan hiburan.

2. Model AI untuk Membaca (Tongyi Zhiwen)

Model AI ini menganalisa dokumen dan dapat membagikan inti dari dokumen dengan mudah, sehingga membantu pengguna meningkatkan efisiensi kerja mereka. Pengguna dapat mengunggah dokumen dalam berbagai format dan, sebagai asisten, model AI ini akan meringkas, mengekstrak informasi, dan menjawab pertanyaan terkait dokumen dalam bahasa Mandarin atau Inggris.

3. Model AI Customer Service (Tongyi Xiaomi)

Model vertikal yang dirancang untuk skenario layanan pelanggan. Dengan kemampuan yang lebih baik dalam pemahaman bahasa alami, analitik, dan kesimpulan, model ini memahami keinginan pengguna dan memberikan respons yang sesuai kebutuhan. Beberapa perusahaan perbankan dan asuransi besar telah mengintegrasikan model ini untuk meningkatkan sistem dukungan pelanggan mereka.

4. Model AI Pemrograman (Tongyi Lingma)

Model ini membantu para developer dalam pembuatan kode, penulisan kode, dan pencarian kode. Alat ini dapat melengkapi kode secara otomatis, merekomendasikan perubahan, dan mengonversi kode yang ditulis dalam satu bahasa pemrograman ke bahasa pemrograman lainnya; mengenali lebih dari 30 bahasa pemrograman. Alat ini memfasilitasi pembuatan kode dengan biaya yang lebih terjangkau dan efisien.

5. Model AI di Bidang Layanan Kesehatan (Tongyi Renxin)

Dilengkapi dengan pengetahuan medis yang komprehensif, model ini berfungsi sebagai asisten layanan kesehatan cerdas, yang menawarkan rekomendasi tindakan medis yang terpersonalisasi. Model ini dapat memahami laporan medis, mengidentifikasi masalah kesehatan melalui interaksi pengguna, dan memberikan saran yang sesuai.

6. Model AI untuk Layanan Hukum (Tongyi Farui)

Model ini dirancang untuk membantu para pekerja legal dalam meningkatkan produktivitas kerja mereka. Model AI ini dapat melakukan berbagai tugas termasuk riset, menjawab pertanyaan, memberikan analisis pada kasus-kasus litigasi, dan menyusun dokumen legal.

7. Model AI untuk Finance (Tongyi Dianjin)

Dilatih sebelumnya dengan berbagai informasi dunia finansial, model AI ini dapat menjawab pertanyaan terkait keuangan, mengekstrak poin-poin penting dari laporan dan analisis keuangan, serta menghasilkan rancangan laporan dan bagan keuangan, sehingga menyederhanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan keuangan bagi para pengguna. Model ini dapat mengelola perintah yang kompleks dan beragam melalui kerja sama agen LLM.

8. Perangkat AI Pembuatan Karakter Virtual

Dibangun di atas Tongyi Wanxiang yang merupakan model fondasi Alibaba Cloud untuk pembuatan gambar AI, perangkat AI ini membuat pembuatan karakter virtual menjadi lebih mudah. Misalnya, merchant dapat membuat karakter virtual dengan gaya tertentu berdasarkan perintah teks atau gambar, dan kemudian menghasilkan foto-foto produk dengan karakter virtual untuk promosi produk.

9. Perangkat AI sketch-to-stylist

Perangkat ini mengubah sketsa kasar menjadi gambar berwarna dalam berbagai gaya, termasuk lukisan minyak, lukisan cat air, dan anime, sehingga membuat karya seni menjadi lebih mudah dan mendorong inovasi kreatif.

10. Perangkat Pembuatan Avatar Digital

Perangkat ini menyederhanakan proses pembuatan avatar digital. Dengan mengekstraksi fitur wajah dari video tiga menit dari seorang individu, platform ini menciptakan avatar animasi melalui 3D modelling. Perangkat ini mendukung pelaku usaha menciptakan avatar digital yang unik, yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pembeli pada platform e-commerce. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year