telkomsel halo

NetApp tingkatkan kecanggihan AI & keamanan infrastruktur

04:09:00 | 29 Okt 2023
NetApp tingkatkan kecanggihan AI & keamanan infrastruktur
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - NetApp® (NASDAQ: NTAP), perusahaan perangkat lunak global yang berpusat pada data berbasis cloud, hari ini mengumumkan beberapa pembaruan portofolio inovatif, termasuk penyempurnaan pada pemrosesan data terbaik di industri untuk AI hybrid multi-cloud dan pengembangan pada penyimpanan data paling aman terhadap ransomware. Hal ini menggambarkan solusi NetApp yang terdepan di industri yang mendorong simplicity, savings, keamanan, dan sustainability bagi pelanggan.

Chief Product Officer di NetApp, Harv Bhela mengatakan, terdapat dua tantangan besar yang dihadapi pelanggan saat ini, peluang AI dan ancaman ransomware.

“Hari ini, NetApp meluncurkan inovasi-inovasi baru yang menjadikan pemrosesan data AI lebih mudah untuk diterapkan serta terukur dan memiliki performa tinggi di seluruh data estate hybrid multi-cloud Anda - sekaligus melindungi data tersebut dari ancaman yang terus meningkat. Solusi-solusi ini menempatkan kami di garis depan dalam menciptakan hasil AI yang sukses bagi pelanggan kami," jelasnya.

Agar tetap kompetitif, perusahaan harus berinovasi dan meningkatkan efisiensi melalui inisiatif AI mereka, namun mungkin kesulitan untuk mendapatkan hasil yang berarti dari sejumlah besar data berbeda melalui lima-tahap pemrosesan data. Kumpulan data yang diperlukan untuk menyalurkan data ini mungkin ada di data lake di perusahaan, on premises, dan/atau di cloud. Hal ini meningkatkan kompleksitas desain dan operasional karena silo data menyebabkan kurangnya visibilitas terhadap jenis dan lokasi data, sehingga sulit untuk dikelola atau digunakan dalam workload AI.

NetApp mempermudah kompleksitas ini dengan menghadirkan all-flash dan penyimpanan cloud dengan kinerja tinggi yang memungkinkan pelanggan membangun data lake modern dan mempercepat AI. Pengguna dapat melacak beberapa versi model AI dalam produksi, sampai ke data training untuk memastikan mereka menggunakan AI secara bertanggung jawab dan penyimpanan terintegrasi dengan platform MLOps sehingga data scientist dapat menggunakan data dengan lebih mudah dan meningkatkan produktivitas.

Converged Infrastructure ONTAP AI menggunakan sistem superkomputer AI yang paling sukses di dunia - NVIDIA DGX - memungkinkan perusahaan menerapkan dan mengolah AI yang paling kompleks dengan solusi infrastruktur sederhana baik dalam desain dan penerapan. Hari ini, NetApp mengumumkan AFF C-Series dengan kapasitas flash masuk ke dalam arsitektur ONTAP AI untuk meningkatkan keterjangkauan dan sustainability.

Sementara, Vice President, DGX platform di NVIDIA, Charlie Boyle menambahkan, perusahaan yang ingin memanfaatkan kemampuan AI Generatif membutuhkan sebuah platform yang mampu menghadirkan model-model yang dapat disesuaikan sepenuhnya dengan memanfaatkan data bisnis mereka yang sangat banyak, disesuaikan dengan kosakata, kekayaan intelektual, dan industri mereka yang unik.

"Didukung oleh sistem NVIDIA DGX dan perangkat lunak NVIDIA AI Enterprise, NetApp ONTAP AI memungkinkan perusahaan menggunakan data mereka untuk menghadirkan aplikasi AI generatif dengan memanfaatkan solusi infrastruktur yang terukur, efisien, dan dapat diterapkan dengan cepat," katanya.

NetApp terus membangun infrastruktur data AI yang terintegrasi ke dalam ketiga cloud publik utama untuk pengalaman hybrid multi-cloud yang sesungguhnya. Kemarin di NetApp INSIGHT 2023, CEO Google Cloud, Thomas Kurian, berbicara tentang inovasi dan kemitraan yang sedang berlangsung antara NetApp dan perusahaannya, dengan menyoroti pengenalan Google Cloud NetApp Volumes pada bulan Agustus 2023. Hari ini, NetApp dan Google mengumumkan dukungan untuk Vertex AI dari Google Cloud dengan Google Cloud NetApp Volumes untuk mendukung aplikasi Generative AI hybrid.

Di kesempatan yang sama, Senior Vice President dan General Manager Cloud Storage di NetApp, Ronen Schwartz menyatakan, diluncurkan pada bulan Agustus lalu, Google Cloud NetApp Volumes merevolusi enterprise workload di cloud, dengan tingkat kinerja penyimpanan yang baru yang dipadukan dengan kesederhanaan dan fleksibilitas.

"Bagi pelanggan yang berinvestasi dalam AI Generative yang ada di NetApp, penawaran ini memungkinkan data on-premise NetApp untuk terhubung langsung ke Google Vertex AI di Google Cloud NetApp Volumes, tanpa perlu melakukan engineering tambahan," jelasnya.

Dengan Google Cloud NetApp Volumes, NetApp menjadi satu-satunya perusahaan yang memberikan penawaran penyimpanan data enterprise yang sama di on-premise dan layanan pihak pertama di tiga cloud publik terbesar, yang juga mencakup Amazon AWS dan Microsoft Azure.

Dengan kemajuan teknologi cloud machine learning-nya, Amazon Sagemaker, yang sudah mendukung Amazon FSx untuk NetApp ONTAP, akan menambahkan notebook Amazon Sagemaker, yang bisa mengakses AWS FSx untuk NetApp ONTAP melalui protokol objek S3 - bahkan untuk data yang awalnya disimpan dalam format file NFS di lokasi atau di cloud yang berbeda.

Research Director Cloud Data Management IDC Europe, Archana Venkatraman mengatakan, AI Generatif adalah tools canggih yang berpotensi membantu perusahaan mencapai transformasi pengetahuan bisnis dan efisiensi operasional.

"Namun, kekuatan AI tergantung dari data yang diterima. Perusahaan membutuhkan pondasi yang kuat dari manajemen data terpadu untuk memastikan aliran data ke infrastruktur AI mereka tanpa hambatan. Inovasi-inovasi terbaru dari NetApp menunjukkan pemikiran yang mendalam dan terfokus selama lima tahun terakhir dalam membantu organisasi mengumpulkan, mempersiapkan, dan mengelola data mereka dimanapun data itu berada. Pendekatan yang mengakar ini mencerminkan realitas bagaimana organisasi membangun infrastruktur AI dan menyimpan data di seluruh lingkungan on-prem, hybrid, dan cloud publik," katanya.

Pada tahun 2023, sebagian besar serangan ransomware menyebabkan kerugian berkisar antara $1 juta hingga $2,25 juta. Untuk menanggulangi hal ini, NetApp membantu pelanggan melindungi diri mereka sendiri dan data mereka dengan penyimpanan yang paling aman di industri ini dan mendukungnya dengan Ransomware Recovery Guarantee yang terkemuka.

Memanfaatkan kombinasi unik ONTAP antara fitur keamanan utama dan perlindungan ransomware, ONTAP dapat secara otomatis memblokir jenis file berbahaya yang dikenal, rogue admins, dan malicious users, dengan verifikasi multi-admin, dan memberikan tamper-proof snapshot yang tidak dapat dihapus bahkan oleh administrator. Dengan efektivitas deteksi ancaman yang terkemuka dalam industri, perlindungan ransomware otomatis ONTAP dapat mendeteksi serangan hampir secara real-time, me-create snapshot tambahan, dan memungkinkan pemulihan dalam hitungan menit.

Saat ini, NetApp memperluas Ransomware Recovery Guarantee yang tersedia untuk semua sistem penyimpanan lokal berbasis NetApp ONTAP, termasuk NetApp AFF, ASA, dan FAS. Dengan jaminan ini, NetApp akan menjamin pemulihan data snapshot jika terjadi serangan ransomware. Jika salinan data tidak dapat dipulihkan melalui NetApp atau salah satu mitra terpercaya, NetApp akan menawarkan kompensasi.

Dikatakan Shibaura Institute of Technology, Takeshi Sato, pelanggan NetApp dapat memanfaatkan data untuk me-deliver agile application yang tangguh dengan ketahanan dan tata kelola untuk memastikan kelangsungan bisnis. “Pembaruan ini memposisikan NetApp sebagai penyimpanan data paling aman di industri terhadap ransomware," ujarnya.

Dan Area Vice President, Greater China, ASEAN and South Korea, NetApp, Fredy Cheung mengungkapkan, organisasi di Indonesia menghadapi lanskap teknologi yang kompleks saat ini dengan munculnya teknologi baru seperti AI, serta meningkatnya risiko keamanan siber.

“Untuk sepenuhnya memanfaatkan kekuatan transformatif AI, kita perlu membangun pemrosesan data generasi berikutnya yang kuat, terukur, dan aman. Dengan memanfaatkan AI dan peningkatan keamanan data dari NetApp, memungkinkan organisasi untuk lebih memfasilitasi pemrosesan data yang lancar dan mempercepat workload data,” jelasnya.

Sehubungan dengan Ransomware Recovery Guarantee, NetApp memberikan pelanggan rasa aman yang lebih dengan Layanan Jaminan Ransomware, yang membantu memastikan sistem mereka terlindungi dari serangan ransomware. Layanan ini memvalidasi konfigurasi pelanggan untuk snapshot data yang aman dan melakukan pengujian pemulihan. Dengan tim khusus yang selalu tersedia, pelanggan dapat mengandalkan NetApp untuk membantu pemulihan data jika terjadi serangan.

NetApp juga mengumumkan pratinjau publik atas solusi pemulihan bencana (DR) baru untuk VMware, yang terintegrasi langsung ke control plane terpadu NetApp BlueXP. NetApp menyediakan satu-satunya penyimpanan yang tersedia di lokasi dan di setiap cloud publik utama untuk infrastruktur VMware.

NetApp dapat memberikan solusi tunggal untuk DR dari on-premise hingga cloud, meminimalkan biaya penyediaan infrastruktur DR standby. Dengan solusi NetApp BlueXP DR for VMware yang baru, beberapa langkah sederhana memungkinkan failover dan failback yang mudah dari infrastruktur VMware lokal langsung ke cloud publik, dimulai dengan AWS FSx untuk NetApp ONTAP, atau ke pusat data lokal alternatif. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year