telkomsel halo

Ini lima cara kelola keuangan rumah tangga ala Tokopedia

07:04:00 | 28 Okt 2023
Ini lima cara kelola keuangan rumah tangga ala Tokopedia
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) berjudul "Pengeluaran untuk Konsumsi Penduduk Indonesia 2022" yang dirilis pada 23 Juni 2023, mencatat bahwa pengeluaran per kapita per bulan penduduk Indonesia pada September 2022 mencapai Rp1,39 juta. Jumlah tersebut naik 8,71% dibandingkan pengeluaran per kapita per bulan pada September 2021 sebesar 1,28 juta.

Dikatakan Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, sejalan dengan hal tersebut, data internal Tokopedia menunjukkan bahwa beberapa kategori produk yang paling diburu masyarakat lewat Tokopedia sepanjang semester I 2023, antara lain Rumah Tangga, Fesyen, Otomotif, Olahraga dan Hobi serta Kebutuhan Sehari-hari atau Groceries.

"Ada lebih dari 1,8 miliar produk terdaftar di Tokopedia yang bisa dijangkau oleh masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia. Menyambut Hari Keuangan Nasional 30 Oktober 2023, Tokopedia terus berupaya menyediakan berbagai kampanye dan fitur yang relevan untuk membantu masyarakat, termasuk pasangan baru, mengelola keuangan rumah tangga dengan lebih hemat," ujarnya.

Ada lima cara mengelola keuangan rumah tangga untuk pasangan baru

menyambut Hari Keuangan Nasional pada 30 Oktober 2023 mendatang. Berikut lima cara tersebut melalui Rizky :

1. Satukan persepsi dengan berdiskusi serta lakukan pencatatan yang terperinci

Berdiskusi dengan pasangan terkait perencanaan keuangan rumah tangga sangat penting demi menjaga ekspektasi bersama. Pahami pula gaya hidup masing-masing dan hitunglah besaran pendapatan bulanan dari kedua pihak. Ketahui juga berapa pengeluaran rutin rumah tangga, seperti tagihan listrik, air, belanja bulanan dan tagihan lain yang harus dikeluarkan tiap bulannya.

"Biasanya ketika ada banyak tagihan, kita kadang lupa mana tagihan yang sudah dibayar dan yang belum. Implikasinya bahkan bisa kena denda ketika akhirnya lupa bayar tagihan. Untuk mengurangi risiko tersebut, masyarakat bisa pakai fitur Kelola Tagihan di Tokopedia untuk dapat membayar belasan macam tagihan dan top-up secara sekaligus, lewat satu halaman," jelasnya.

2. Prioritaskan pada kebutuhan pokok

Kebutuhan pokok mencakup berbagai kebutuhan dasar, mulai dari makanan, pakaian, tempat tinggal hingga transportasi. "Buatlah daftar kebutuhan pokok agar dapat terlihat anggaran dana yang harus dipersiapkan setiap bulannya. Kemudian buat catatan berbagai pengeluaran bulanan agar jumlahnya sesuai dengan dana yang telah dianggarkan," saran Rizky.

Ia memberi contoh, saat belanja online, cek dan bandingkan harga serta produk terlebih dahulu. Manfaatkan inovasi fitur terbaru Tokopedia, yaitu fitur Multiple Product Search untuk mencari lebih dari satu produk sekaligus lewat kolom pencarian dan mendapatkan rekomendasi pilihan toko penjual yang menjual semua produk kebutuhan yang dicari. "Dengan fitur "Multiple Product Search", pengguna bisa makin mudah berbelanja online dengan ongkir yang lebih hemat," katanya.

Cara menggunakan fitur Multiple Product Search di Tokopedia pun sangat mudah. Pengguna cukup mengakses kolom pencarian pada halaman utama Tokopedia dan mengetik satu produk yang dicarikan, lalu mengeklik tanda di sebelah kanan. Setelah itu, pengguna bisa menambahkan hingga dua produk lainnya. Kemudian, Tokopedia akan merekomendasi pilihan toko penjual yang menjual semua produk kebutuhan yang dicari.

3. Perhatikan pengeluaran musiman

Setelah menghitung dan membuat daftar kebutuhan pokok, jangan lupa mencatat pengeluaran musiman saat mengelola keuangan rumah tangga. Pengeluaran musiman adalah pengeluaran yang bisa sewaktu-waktu terjadi, atau hanya terjadi beberapa kali dalam jangka waktu tertentu.

Beberapa contoh pengeluaran musiman termasuk biaya reparasi mobil, bayar pajak tahunan seperti Pajak Kendaraan Bermotor atau Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), biaya liburan dan masih banyak lainnya. Sebaiknya masyarakat, termasuk pasangan baru, mengatur pengeluaran musiman untuk mencegah pengeluaran mendadak saat waktunya tiba.

Dikatakannya, masyarakat, termasuk pasangan baru, dapat membayar pajak tahunan seperti Pajak Kendaraan Bermotor atau Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara mudah dan online lewat Loket Pajak Tokopedia dengan lebih dari 65 metode pembayaran yang tersedia di Tokopedia.

4. Siapkan dana tak terduga lewat investasi jangka panjang

Aturlah anggaran khusus untuk dana darurat agar lebih tenang. Sisihkan dana dari setiap penghasilan dan simpan di rekening yang terpisah agar tidak tercampur dengan dana untuk keperluan lainnya.

"Simpanlah dana darurat dalam bentuk investasi, misalnya melalui Tokopedia Emas, karena emas masih menjadi salah satu pilihan investasi yang relatif aman untuk dijalankan dalam jangka panjang," katanya.

5. Manfaatkan fitur-fitur yang bisa membuat belanja online makin hemat

Agar belanja online makin hemat, masyarakat juga bisa pakai ‘PLUS’ (sebelumnya PLUS by GoTo), paket langganan dari Tokopedia sebagai bagian dari ekosistem Grup GoTo, yang memungkinkan masyarakat di Pulau Jawadan akan terus bertambah ke wilayah lainnyamenikmati berbagai produk berlogo PLUS dengan Bebas Ongkir dan waktu pengiriman yang lebih cepat.

Ditambahkannya, saat ini pengguna bisa menggunakan PLUS dengan lebih banyak manfaat untuk mendapatkan pengalaman belanja online di Tokopedia yang makin menarik, mudah dan hemat. Salah satunya adalah bebas ongkir sepuasnya tanpa batas serta biaya ongkos kirim tetap untuk pengiriman same-day, tanpa nilai minimal transaksi.

"Selain itu, kini PLUS menghadirkan keuntungan bebas ongkir untuk pembelian GoFood dari mitra restoran berlogo GoFood PLUS. PLUS juga menghadirkan sederet benefit lain, termasuk layanan pelanggan prioritas Tokopedia Care, promo eksklusif dan potongan harga melalui kolaborasi dengan para mitra strategis," jelasnya.

"Bahkan kini pengguna PLUS juga bisa menikmati bebas biaya jasa aplikasi untuk tiap pembelian dari produk berlogo PLUS sehingga belanja online berbagai kebutuhan di Tokopedia makin hemat," katanya.

Seluruh benefit PLUS tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan biaya langganan yang lebih terjangkau. Untuk paket langganan PLUS 1 bulan, ada diskon 40% menjadi Rp30.000. Untuk paket langganan 3 bulan, ada diskon 53% menjadi Rp70.000, atau Rp23.334 per bulan. Sedangkan untuk paket langganan 6 bulan, ada diskon 70% menjadi Rp90.000, atau Rp15.000 per bulan. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year