telkomsel halo

Tokopedia tawarkan 5 wilayah ini untuk "kabur" dari cuaca panas

07:10:00 | 21 Okt 2023
Tokopedia tawarkan 5 wilayah ini untuk &quotkabur" dari cuaca panas
Tokopedia (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Menurut hasil pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu maksimum pada September 2023 di beberapa wilayah di Indonesia mencapai 35,4-38oC pada siang hari. BMKG juga memprediksi cuaca panas di beberapa wilayah masih akan berlangsung hingga Oktober 2023.

Cuaca panas ekstrem cenderung mendorong masyarakat pergi ke tempat wisata dingin di Indonesia. Dikatakan Kepala Divisi Komunikasi Tokopedia, Antonia Adega, data internal Tokopedia menunjukkan ada peningkatan penjualan tiket pesawat ke berbagai wilayah di Indonesia dengan tempat wisata dingin pada semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, seperti Malang, Bandung dan wilayah lain, dengan rata-rata peningkatan sebesar hampir 1,5 kali lipat.

“Untuk terus mempermudah masyarakat bepergian ke tempat wisata, termasuk yang terletak di wilayah bersuhu rendah di Indonesia, Tokopedia menyediakan halaman khusus pembelian tiket pesawat, kereta api, hotel maupun hiburan (seperti taman hiburan lokal). Lewat halaman ini, perjalanan wisata ke tempat dingin bisa menjadi lebih terencana dan hemat karena ada cashback hingga Rp300.000 dan diskon sampai Rp1.000.000,” jelasnya.

Tempat wisata dingin di Indonesia bisa jadi incaran di tengah cuaca panas

Tokopedia melalui Antonia membagikan rekomendasi wilayah yang dapat dikunjungi masyarakat Indonesia untuk ‘kabur’ sejenak dari cuaca panas ekstrem yang terus berlanjut di Indonesia.

Toba dan Samosir di Sumatra Utara

Toba dan Samosir adalah tujuan wisata bagi masyarakat pecinta suhu dingin. Wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas outdoor sambil menikmati keindahan alam danau terbesar di Indonesia, Danau Toba. Suhu rata-rata Toba dan Samosir berkisar antara 17-29oC. Untuk mencapai wilayah ini, masyarakat bisa mendarat di Bandara Silangit dan melanjutkan perjalanan darat untuk menuju ke Toba atau menyeberang dengan kapal atau jembatan untuk ke Pulau Samosir.

Lembang dan Ciwidey di Jawa Barat

Lembang dan Ciwidey, yang terletak tidak jauh dari pusat kota Bandung, adalah contoh lain tempat wisata bercuaca dingin favorit masyarakat. Di wilayah ini, masyarakat bisa berwisata di perkebunan stroberi dan teh, hingga pemandian air panas. Kedua destinasi ini memiliki suhu rata-rata berkisar antara 13-28oC. Untuk mencapai wilayah ini, masyarakat bisa mendarat di Bandara Husein Sastranegara atau turun di stasiun kereta Bandung, lalu melanjutkan perjalanan darat.

Tawangmangu dan Dieng di Jawa Tengah

Tawangmangu dan Dieng adalah gudang wisata alam, seperti air terjun dan telaga. Untuk menuju Tawangmangu, masyarakat bisa mendarat di Bandara Adi Soemarmo atau turun di stasiun kereta di Solo, lalu melanjutkan perjalanan dengan mobil sekitar 1,5-2 jam. Suhu rata-rata Tawangmangu pada siang hari, yaitu 17-22oC.

Untuk menuju Dieng, masyarakat bisa mendarat di Bandara Ahmad Yani atau turun di stasiun kereta di Semarang, lalu melanjutkan perjalanan dengan mobil sekitar 2-2,5 jam. Pada siang hari, suhu rata-rata di Dieng mencapai 12-20oC, sedangkan di malam hari, suhu bisa turun ke 6-10oC.

Batu dan Bromo di Jawa Timur

Terkenal memiliki banyak destinasi alam yang menawan serta suasana sejuk, Batu dan Bromo sering dipilih pelancong sebagai tujuan wisata untuk rehat dari kegiatan sehari-hari. Ada kebun binatang dan theme park di Batu, serta keindahan Gunung Bromo, yang bisa dinikmati masyarakat. Suhu rata-rata Batu pada siang hari, yaitu 18-28oC, sedangkan Bromo 5-12oC.

Untuk mencapai destinasi ini, masyarakat bisa menggunakan beberapa moda transportasi. Untuk ke Batu, masyarakat bisa mendarat di Bandara Abdul Rachman Saleh atau turun di stasiun kereta Malang Baru, lalu melanjutkan perjalanan darat. Sedangkan jika ingin ke Bromo, masyarakat bisa mendarat di Bandara Juanda atau di stasiun kereta Pasar Turi, Surabaya, dan lanjut perjalanan darat.

Ubud dan Kintamani di Bali

Ubud dan Kintamani adalah wilayah dataran tinggi. Hal ini membuat wisatawan yang lebih menyukai lokasi bersuhu dingin cenderung menjadikan Ubud dan Kintamani sebagai tujuan ketika sedang berada di Pulau Dewata. Selain sejuk, wilayah ini juga menawarkan kekayaan alam yang luar biasa. Suhu di Ubud bisa mencapai 20oC, sedangkan Kintamani 17oC. Lokasi ini bisa dijangkau dengan mendarat di Bandara Ngurah Rai Bali, ditambah perjalanan darat.

Jika berencana mengunjungi tempat wisata di daerah dingin di Indonesia, masyarakat diimbau mempersiapkan fashion item yang relevan dengan cuaca di lokasi tujuan, seperti long john, syal, dan coat. “Di Tokopedia, long john, syal, dan coat menjadi beberapa fashion item dengan rata-rata peningkatan tertinggi penjualan, yaitu sebesar lebih dari dua kali lipat, pada semester I 2023 dibandingkan semester I 2022,” jelas Antonia.

Berbagai fashion item wajib untuk liburan ke tempat wisata dingin di Indonesia ini bisa didapatkan secara mudah melalui berbagai toko UMKM yang ada di Tokopedia, antara lain IKYK, shopatvelvet, ROUGHNECK 1991 dan Prepp Studio untuk berbagai pilihan produk coat dan jaket, serta shopkain dan SISSAE untuk berbagai produk syal. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year