telkomsel halo

Confluent dan Alibaba Cloud perkuat kerjasama strategis multi tahun

06:20:00 | 19 Okt 2023
Confluent dan Alibaba Cloud perkuat kerjasama strategis multi tahun
Foto : Ilustrasi
SINGAPURA (IndoTelko) - Pelopor data streaming, Confluent dan Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan kecerdasan dari Alibaba Group, memperkuat kerja sama strategis multi-tahun untuk memperluas cakupan dan jangkauan solusi yang tersedia bagi pelanggan di Asia.

Kemitraan yang diperkuat ini akan meluas, dari Cina daratan ke lebih banyak pasar di wilayah Asia, termasuk Indonesia, Hong Kong, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Layanan Data Streaming Confluent di Alibaba Cloud akan tersedia bagi pelanggan Alibaba Cloud di pasar-pasar baru tersebut pada akhir tahun ini.

Bisnis modern saat ini berjalan secara real-time - mulai dari memberikan pengalaman pelanggan secara real-time, meningkatkan efisiensi dalam operasi back-end, hingga meluncurkan produk dan layanan baru yang inovatif. Permintaan untuk real-time telah menegaskan bahwa platform data streaming menjadi suatu kebutuhan bisnis yang penting hampir di setiap industri dan kategori.

APAC Data Streaming Report 2023 bahkan menemukan bahwa 89% pemimpin teknologi di APAC menyatakan bahwa investasi dalam data streaming sangatlah penting, sementara 69% di antaranya mengatakan bahwa mereka menggunakan data streaming untuk menjalankan aplikasi-aplikasi penting.

Data streaming adalah alasan di balik aplikasi transportasi ride sharing dapat memberikan pengalaman mobile realtime untuk mencocokkan penumpang dengan pengemudi, menyediakan dinamika tarif dan memperbarui perkiraan waktu kedatangan pengemudi. Data streaming juga membuat para pemain ritel dapat mempersonalisasikan pengalaman berbelanja konsumen mereka, di setiap kanal penjualan dan interaksinya, secara real time. Data streaming bahkan dapat membantu bank untuk dapat menawarkan layanan pinjaman dalam waktu lima menit saja. Penggunaan data streaming benar-benar tidak terbatas.

Dengan perluasan kerja sama ini, perusahaan dan organisasi di Indonesia, Hong Kong, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand akan memiliki akses ke platform data streaming Confluent di Alibaba Cloud. Dengan kemitraan yang lebih mendalam ini, pelanggan dapat merasakan manfaat dari layanan data streaming yang kuat dan andal. Solusi ini, seperti yang di tampilkan pada acara data streaming Apache Kafka teknologi, memungkinkan pelanggan untuk memiliki kemampuan pemrosesan data yang lebih kuat dan efisien, termasuk fungsi komputasi dan penyimpanan fleksibel yang ditingkatkan, serta dukungan pelanggan yang khusus dan konsultasi teknis.

Pelanggan dapat menikmati semua fitur berkualitas enterprise dari Kafka tanpa harus mengurus fungsi-fungsi manajemen dan pemantauan yang merepotkan, di saat bersamaan dapat mengolah aliran data dengan keamanan berkelas enterprise. Platform data streaming Confluent telah digunakan untuk meningkatkan efisiensi operasi bisnis di berbagai industri, termasuk jasa keuangan, ritel omnichannel, otomotif, dan game.

Dikatakan Senior Vice President APAC at Confluent, Kamal Brar, dengan memperluas kemitraannya dengan Alibaba Cloud dari Cina daratan hingga ke seluruh Asia, lebih banyak organisasi sekarang dapat menggerakkan data mereka dengan memanfaatkan wawasan data real-time yang fleksibel. "Kemampuan tambahan yang telah kami dan Alibaba Cloud aktifkan menyediakan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan kami. Ini secara signifikan mempercepat waktu untuk mendapatkan nilai dan meningkatkan produktivitas pengembang dalam membangun aplikasi streaming real-time mereka," ujarnya.

Sementara, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence Group, Selina Yuan mengungkapkan, menyusul kesuksesannya dalam menyediakan layanan Confluent dari platform Alibaba Cloud untuk pelanggan di Cina daratan, ia sangat bangga mengumumkan perluasan kemampuan data streaming canggih Confluent lebih lanjut di seluruh wilayah ini. "Perluasan ini merupakan bukti dari keberhasilan kemitraan kami, yang memungkinkan kami untuk mendukung lebih banyak pelanggan seiring meningkatnya permintaan untuk menghubungkan aplikasi perusahaan dan sistem data secara real-time," katanya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year