telkomsel halo

Alibaba Cloud promosikan keberlanjutan dalam pagelaran olahraga

06:23:00 | 11 Okt 2023
Alibaba Cloud promosikan keberlanjutan dalam pagelaran olahraga
Alibaba Sport (dok)
HANGZHOU, CINA (IndoTelko) - Tulang punggung teknologi digital dan kecerdasan dari Alibaba Group, Alibaba Cloud mengumumkan kerjasamanya dengan dua federasi olahraga besar, World Baseball Softball Confederation (WBSC) dan International Canoe Federation (ICF) untuk lebih jauh mempromosikan keberlanjutan dalam acara-acara olahraga berskala besar.

Sebagai bagian dalam kemitraan ini, Alibaba Cloud akan menyediakan solusi-solusi berbasis cloud dan AI untuk membantu WBSC dan ICF dalam meminimalisir dampak lingkungan dalam operasional dan acara-acara mereka, mempromosikan keberlanjutan dan tingkat konsumsi bertanggung jawab, serta memperkenalkan kegiatan yang menjawab tantangan iklim dalam komunitas olahraga.

Melalui WBSC, Alibaba Cloud akan mengembangkan produk, layanan, dan solusi yang didesain ulang sesuai dengan kebutuhan setiap acara yang dikelola oleh organisasi ini, dimulai dengan Piala Dunia Youth Baseball5 di Turki pada 10-15 Oktiber 2023. Energy Expert, solusi keberlanjutan Alibaba yang berbasis AI, akan digunakan untuk menghitung jejak karbon dalam event tersebut, mengidentifikasi sumber emisi, dan memberikan insight yang dapat dilakukan untuk mengoptimasi gaya hidup berkelanjutan.

Kerjasama dengan ICF, Alibaba Cloud akan berkolaborasi dalam beberapa inisiatif, termasuk mengembangkan rangkaian perangkat keberlanjutan yang tepat guna, mengembangkan efisiensi dalam mengadopsi pengukuran keberlanjutan, membuat program untuk manajemen acara yang berkelanjutan, serta memberikan pengalaman baru bagi penonton olahraga lewat media digital. Kedua pihak juga sepakat untuk memperkenalkan inisiatif-inisiatif tersebut pada Komite Olimpiade Internasional dan memulai program pilot pada acara-acara ICF mendatang.

WBSC Chief Operating Officer, Marco Ienna mengatakan, WBSC, sebagai organisasi internasional yang mengelola baseball dan softball, sangat bangga dapat melanjutkan pengembangan acara-acaranya, beradaptasi untuk masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.

"Kami sangat bangga dapat bermitra dengan perusahaan yang inovatif dan dinamis seperti Alibaba Cloud, membantu kami dalam mencapai tujuan keberlanjutan kami, untuk menjamin basis penggemar kami terus menikmati dan menikmati pertandingan-pertandingan kami dari seluruh dunia," tambahnya.

Sementara President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence Group, Selina Yuan mengungkapkan, pihaknya sangat antusias untuk berkolaborasi dengan WBSC, mengaplikasikan solusi keberlanjutan berbasis cloud dan berbasis AI kami pada acara olahraga mereka.

"Karena keberlanjutan semakin penting dalam industri olahraga global, kami berkomitmen untuk menyediakan data yang aktual, insight yang dapat dijalankan, dan rekomendasi optimasi kepada organisasi olahraga seperti WBSC. Bersama-sama, kita dapat menciptakan dampak yang signifikan dan positif pada komunitas olahraga global dan mendorong masa depan olahraga yang lebih berkelanjutan," tambahnya.

Sedangkan, ICF President, Thomas Konietzko mengatakan, Kano adalah olahraga yang sangat terkoneksi dengan alam, dan oleh karenanya pihaknya harus memimpin upaya keberlanjutan dalam acara olahraga bertaraf internasional. "Kolaborasi win- win dengan Alibaba Cloud akan membuat ICF semakin mengenal solusi teknologi digital dan solusi lainnya, membuat kano sebagai kendaraan untuk memajukan nilai-nilai keberlanjutan," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Vice President of Alibaba Cloud Intelligence Group dan General Manager of Enterprise Service Cloud, William Xiong mengatakan, Alibaba Cloud telah berkomitmen untuk mempromosikan upaya-upaya keberlanjutan lewat pemanfaatan teknologi, dan ia sedang memperkenalkan dan menggunakan teknologi- teknologi cloud dan AI terbarunya untuk mendukung organisasi-organisasi olahraga di seluruh dunia untuk membuat acara olahraga menjadi lebih efisien dan berkelanjutan. "Kemitraan kami dengan ICF adalah bukti lain komitmen jangka panjang kami untuk inovasi olahraga dan upaya-upaya keberlanjutan," katanya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year