telkomsel halo

Kopi Puntang binaan Telkom go Eropa

04:33:00 | 25 Sep 2023
Kopi Puntang binaan Telkom go Eropa
Petani Kopi (dok)
BANDUNG (IndoTelko) - Komitmen PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) dalam mendukung pengembangan Usaha Kecil Mikro (UMK) melalui digitalisasi, dapat dilihat dari jumlah mitra binaan Telkom yang tergabung dengan berbagai bidang usaha.

Salah satu mitra binaan Telkom adalah Kopi Puntang yang berada di Jalan Raya Gunung Puntang, Cimaung, Kabupaten Bandung Jawabarat. UMKM yang berdiri sejak 2013 ini, telah berhasil mengembangkan usaha sekaligus memberdayakan masyarakat lokal dengan memproduksi green bean (biji kopi) serta memiliki coffee shop.

Manager Operasional Kopi Puntang, Aditya Maulana mengatakan telah mendapatkan bantuan pembinaan dari Rumah Binaan BUMN Telkom Soreang dalam mengembangkan bisnisnya serta berhasil menembus pasar ekspor.

"Secara rutin, kami mengirimkan kopi jenis Arabika Sunda Typica ke Belanda sampai Jerman, dimana tahun ini Kami sudah mengirimkan sebanyak 300 kg green bean jenis Arabica Sunda dengan Harga yang ditawarkan disana sekitar Rp300 ribu/kg," ujarnya.

Meskipun telah mendunia, lebih lanjut Adit menjelaskan, "Kopi Puntang tetap akan fokus menyasar pasar dalam negeri karena permintaan produk yang cukup tinggi yaitu 9 ton/tahun. Permintaan kopi puntang yang paling tinggi adalah berasal dari wilayah DKI Jakarta, Bandung, dan Bali."

Kopi puntang begitu mendunia karena jenis kopinya memiliki cita rasa yang unik. Kopi puntang Ini juga telah berhasil menjadi jawara pada kategori Rasa, di ajang Specialty Coffee Association of America Expo di Atlanta, Amerika Serikat, 14-17 April 2016 lalu.

Rasa Kopi puntang yang unik dan kaya rasa Itu ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor pada saat penanaman. Diantaranya Ada lah faktor pH tanah yang bagus, pohon-pohon penaung yang bagus, intensitas cahaya yang pas, serta tidak banyak menggunakan pupuk kimia dikarenakan kesuburan tanah di wilayah gunung puntang tetsebut sudah cukup baik tanpa harus ditambah dengan pupuk kimia. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year