telkomsel halo

Core Sistems Asian Games gunakan teknologi Alibaba Cloud

07:27:00 | 18 Sep 2023
Core Sistems Asian Games gunakan teknologi Alibaba Cloud
Alibaba Cloud Asian Games (dok)
HANGZHOU, CHINA (IndoTelko) - Di dalam misinya untuk mendorong digitalisasi Asian Games, Hangzhou Asian Games Organizing Committee (HAGOC) meluncurkan core systems yang berjalan di atas Alibaba Cloud, dimana merupakan tulang punggung dari teknologi digital dan intelijen Alibaba Group.

Teknologi yang terdepan, dapat diandalkan, dan juga aman merupakan milik Alibaba Cloud untuk mendukung "Asian Games on the Cloud" yang pertama, dimana saat ini akan digunakan untuk memfasilitasi Asian Games yang tentunya akan memiliki manfaat agar lebih pintar, sustainable, canggih, dan efisien dimana ajang Asian Games yang diadakan di Hangzhou, merupakan sebuah kota yang sama dengan kantor pusat Alibaba pada 23 September hingga 8 Oktober 2023.

Core systems pada Asian Games, terdiri dari Games Management System (GMS), Results Distribution Systems (RDS) dan Game Support Systems (GSC), dimana semua system ini akan menjalankan fungsi operasional selama 24 jam dari 56 arena kompetisi dan fasilitas-fasilitas penting lainnya, seperti pusat manajemen teknologi informasi, pusat media utama, dan Hangzhou Asian Games Village, melayani lebih dari 100.000 pengguna ßyang terdaftar, termasuk para atlet, broadcaster, jurnalis, staf dan relawan dari 45 negara dan regional dari seluruh dunia.

Sebagai penyedia layanan cloud dan integrator teknologi yang resmi untuk melayani Asian Games, Alibaba Cloud bertanggung jawab untuk semua layanan cloud pada system yang berjalan di dalam Asian Games, dimana Alibaba Cloud memiliki bukti dari rekam jejak yang teruji di dalam mendukung gelaran olahraga skala besar level dunia.

Menurut President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence Group, Selina Yuan, ia memiliki pengalaman panjang dalam mendukung gelaran olahraga skala besar secara global, yang dibangun pada teknologi cloud dan layanan Alibaba Cloud yang sudah teruji dan terperaya. "Kami bangga dan antusias untuk kembali pada kota di mana kantor pusat kami berada di tahun ini untuk mendukung dan membuat Asian Games di Hangzhou ini menjadi inovatif, efisien, berkelanjutan, dan inklusif. Dengan dukungan core systems yang lebih mutakhir, kami berkomitmen untuk sebuah kolaborasi yang efektir dengan seluruh pihak yang terlibat pada Asian Games, dan dengan teknologi penyiaran cloud yang lebih baru, kami akan memberikan pengalaman menonton yang lebih menarik untuk pemirsa global dan penggemar olahraga," katanya.

"Asian Games Hangzhou akan menjadi sebuah pencapaian Alibaba Cloud untuk menunjukkan betapa teruji, skalabilitas, dan amannya teknologi-teknologi komputasi cloud yang dapat mendorong transformasi pada gelaran-gelaran olahraga dan hiburan skala besar di seluruh penjuru dunia," tambahnya.

Alibaba Cloud menyediakan arsitektur yang fundamental, mendukung integrasi yang mulus dari core systems dan juga aplikasi intelijen seperti penyiaran berbasis cloud dan manajemen event dan komunikasi.

Ia mencontohkan, pada setiap akhir kompetisi, Result Distribution System akan menerima data dari sistem skor dan waktu di arena, yang akan mengintegrasikan lebih lanjut pada sistem sentral untuk distribusi pada format-format yang berbeda lewat application programming interfaces (APIs), seperti display hasil pertandingan dan aliran berita. Semuanya dibangun pada Alibaba Cloud untuk menjamin distribusi hasil pertandingan yang efisien, akurasi, dan stabil.

Menggunakan teknologi cloud-native dan menjalankannya pada layanan kontainer Alibaba Cloud, perusahaan memungkinkan kegiatan operasional pada event menjadi lebih cepat, memiliki skalabilitas, dan efisien. Data center fisik, yang membutuhkan alokasi tempat yang besar dan perawatan fasilitas, tidak lagi dibutuhkan. Sumber daya cloud akan dirilis setelah pagelaran selesai dilakukan, membuat Asian Games menjadi lebih ramah lingkungan.

Asian Games Hangzhou akan menjadi Asian Games pertama sepanjang sejarah di mana para pemegang hak siar akan menerima siaran langsung melalui infrastruktur cloud publik. Alibaba Cloud akan mengirimkan lebih dari 5.000 jam siaran langsung melalu 68 saluran high definition (HD) dan ultra-high-definition (UHD) selama acara berlangsung.

Selain siaran langsung, platform konten berbasis cloud ini akan menyediakan cuplikan pertandingan dan berita dalam kualitas HD dan UHD bagi para pemegang hak siar untuk dapat disajikan pada penonton melalui perangkat ponsel dan gawai lainnya.

Sepanjang Asian Games, cloud broadcasting akan melampaui batasan fisik dan membawa kemeriahan pada para penonton di seluruh Asia dan dunia, lewat infrastruktur Alibaba Cloud di Hangzhou hingga ApsaraVideo Live Centers di Shanghai dan Beijing, serta sumber daya cloud regional di Wilayah Administrasi Khusus Hong Kong dan Singapura.

Sebelum melakukan cloud broadcasting, para pemegang hak siar harus mengandalkan sirkuit optik telekomunikasi internasional yang khusus dan lebih mahal serta menghabiskan waktu yang lebih banyak untuk menyiapkan peralatan, guna mengirimkan rekaman langsung dari belahan dunia lain ke negara asal mereka. Sekarang, memanfaatkan infrastruktur global Alibaba Cloud dengan tingkat skalabilitas yang tinggi, tahan banting, dan aman, serta layanan akselerasi jaringan -- Global Accelerator, konten multilateral langsung dalam kualitas tinggi melalui cloud publik dengan biaya yang jauh lebih murah dan waktu persiapan yang lebih cepat, dapat dilakukan.

Asian Games Hangzhou telah mengumumkan Intelligent Operation Platform untuk mengelola operasi 3 Asian Games Village, dimana menjadi rumah bagi lebih dari 20.000 atlet, jurnalis, dan staf. Platrform ini menggunakan perangkat visualisasi Alibaba Cloud yang mutakhir untuk menganalisis informasi real-time guna lebih mengoptimalkan sistem pengelolaan, sambil memberikan pengalaman user yang lebih menarik bagi mereka yang tinggal di sana.

Contohnya, solusi Alibaba Cloud menggunakan informasi real-time untuk menganalisis manajemen lalu lintas dan kerumunan. Peringatan akan diberikan di dashboard jika area publik terlalu padat dan mengganggu keselamatan publik. Peringatan-peringatan akan cuaca ekstrem, masalah listrik, dan kebakaran juga tersedia untuk keputusan-keputusan berbasis data bagi panitia.

Dengan teknologi natural language processing (NLP) dari Alibaba Cloud, sebuah robot layanan pintar akan menyediakan layanan konsultasi online sepanjang hari dalam bahasa Inggris dan Mandarin untuk orang-orang yang menghuni Asian Games Villages lewat layanan berbasis web. Chatbot tersebut dapat memberikan respons real-time terkait layanan-layanan yang tersedia di Asian Games Villages. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year