telkomsel halo

Biznet bagikan tip bagi UMKM manfaatkan internet

03:30:00 | 27 Aug 2023
Biznet bagikan tip bagi UMKM manfaatkan internet
JAKARTA (IndoTelko) - Di era digital seperti sekarang, internet bisnis telah mengubah secara mendasar cara-cara dalam berbisnis. Internet tidak hanya menjadi alat untuk berkomunikasi dan mencari informasi, tetapi juga telah menjadi sarana yang sangat penting dalam menjalankan bisnis khususnya usaha kecil, mikro, dan menengah.

Sebagai perusahaan infrastruktur digital terintegrasi yang telah hadir di lebih dari 180 kota di Indonesia, Biznet memahami peranan krusial internet dalam membantu laju usaha yang dijalankan, mulai dari:

1. Akses Global untuk Pasar yang Lebih Luas
Salah satu keuntungan paling signifikan dari internet dalam bisnis adalah akses global yang tidak terbatas. Berkat internet, usaha mikro dan menengah pun dapat menjangkau pelanggan di seluruh dunia tanpa harus memiliki toko fisik di setiap lokasi. Situs web, platform e-commerce, dan media sosial memungkinkan bisnis untuk berinteraksi dengan audiens internasional, membuka peluang baru untuk pertumbuhan dan ekspansi.

2. Pemasaran Digital yang Efisien
Internet telah mengubah cara pemasaran dilakukan. Pemasaran digital memberikan opsi yang lebih terukur dan efisien daripada metode pemasaran tradisional. Dengan media sosial, iklan online, dan email marketing, bisnis dapat mengirim pesan langsung ke target audiens mereka. Analitik digital memungkinkan pemantauan yang mendalam terhadap efektivitas kampanye dan memungkinkan perbaikan yang cepat jika diperlukan.

3. Keterlibatan Pelanggan yang Lebih Mendalam
Melalui media sosial dan platform online lainnya, sektor usaha dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan mereka. Tanggapan langsung dan feedback pelanggan pun dapat dikumpulkan dengan mudah untuk memahami kebutuhan dan preferensi mereka dengan lebih baik. Dari chatbot yang dapat memberikan jawaban cepat terhadap pertanyaan pelanggan hingga platform dukungan pelanggan, bisnis dapat memberikan respons yang lebih cepat dan lebih efisien terhadap kebutuhan dan masalah pelanggan. Untuk pastikan kualitas layanan pelanggan tanpa gangguan, Biznet Home Internet sendiri hadir dengan bandwidth hingga 250 Mbps dan kuota unlimited untuk dukung sektor bisnis.

4. Alat Kolaborasi dan Komunikasi
Internet juga telah mengubah cara tim bekerja dan berkolaborasi. Alat komunikasi seperti email, pesan instan, dan video konferensi memungkinkan tim yang tersebar dalam jarak geografis untuk tetap terhubung dan berkoordinasi tanpa harus bertemu secara fisik. Tidak hanya dalam tim, komunikasi via internet pun juga dapat dimanfaatkan untuk membangun komunikasi dengan komunitas pelanggan. Melihat potensi ini, di tahun 2023 ini Biznet berencana untuk terus melanjutkan pembangunan dan perluasan, khususnya di Pulau Sumatra. Perluasan ini didukung dengan pembangunan kabel Fiber Optic bawah laut, Biznet Nusantara Cable System yang akan menghubungkan dari Anyer (Banten)-Kalianda (Lampung) dan Sungsang (SumatraSelatan)-Muntok (Bangka). Hingga terus akan dilanjutkan dengan jaringan Biznet Fiber dari Kota Bandar Lampung sampai Banda Aceh.

5. Analitik dan Pengambilan Keputusan Berbasis Data
Data adalah aset berharga dalam bisnis modern. Internet memungkinkan bisnis untuk mengumpulkan data tentang perilaku pelanggan, preferensi produk, dan efektivitas kampanye. Dengan analitik yang tepat, bisnis dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan merespon perubahan pasar dengan lebih cepat.

6. Inovasi dan Penemuan Peluang Baru
Internet adalah sumber informasi yang tak terbatas. Bisnis dapat memanfaatkan internet untuk melakukan riset pasar, memantau tren industri, dan menemukan peluang baru. Informasi yang mudah diakses ini memungkinkan bisnis untuk tetap kompetitif dan selalu siap menghadapi perubahan.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year