telkomsel halo

Alibaba Group temukan banyak konsumen ingin gaya hidup yang lebih berkelanjutan

13:23:00 | 06 Aug 2023
Alibaba Group temukan banyak konsumen ingin gaya hidup yang lebih berkelanjutan
JAKARTA (IndoTelko) - Temuan terbaru penelitian independen yang dilakukan oleh Alibaba Group menyatakan sebagian besar (73%) konsumen ingin menjalani gaya hidup yang lebih berkelanjutan (sustainable), terutama mereka yang tinggal di negara berkembang di Asia (87%), tetapi ketidaknyamanan dan biaya tinggi dianggap sebagai hambatan utama dalam penerapan gaya hidup berkelanjutan.

Riset bertajuk "The Sustainability Trends Report 2023" telah mensurvey lebih dari 14.000 konsumen dari 14 negara di Asia, Eropa, dan Timur Tengah. Ditemukan bahwa kenyamanan (53%) dan harga yang terjangkau (33%) sangat penting untuk mendorong perubahan perilaku pada keberlanjutan konsumen dan bisnis dapat mempermudah konsumen untuk membuat pilihan sadar berkelanjutan.

Tetapi beberapa konsumen bersikap sinis (38%) terhadap motivasi yang mendasari produk "berkelanjutan" bisnis, dengan hanya 15% yang mengatakan bahwa mereka sepenuhnya mempercayai klaim seputar keberlanjutan produk. Bisnis perlu bekerja lebih keras untuk membangun kepercayaan di antara konsumen tersebut, terutama di antara orang-orang yang tinggal di pasar Eropa.

"Sebagai perusahaan platform digital, Alibaba diposisikan secara unik dan berkomitmen untuk mengatasi tantangan kesenjangan "say-do"; dengan mengurangi kendala ketidaknyamanan, menambahkan pilihan yang lebih berkelanjutan, dan mengoptimalkan rantai pasokan untuk menjaga agar biaya tetap masuk akal bagi konsumen. Konsumsi berkelanjutan (sustainable consumption) sangat penting bagi lingkungan, dan sementara itu memberikan peluang besar bagi bisnis, serta ekonomi digital secara keseluruhan, untuk memiliki perkembangan jangka panjang menuju masa depan yang berkelanjutan untuk semua," kata Alibaba Pimpinan Strategi ESG Grup Liu Wei.

Alibaba menerbitkan Laporan Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG) terbaru pada hari Senin (24/7) di mana untuk pertama kalinya mengungkapkan kemajuan dalam dekarbonisasi Scope 3+ nya, sejak mempelopori konsep tersebut pada tahun 2021 untuk janji pengurangan emisi karbon yang lebih luas di seluruh ekosistem digitalnya.

Platform buku besar karbon Alibaba telah melihat 187 juta konsumen berpartisipasi dalam kegiatan pengurangan emisi karbon dalam 12 bulan menjelang 31 Maret 2023 dengan 1,91 juta produk dari 409 merek yang ditawarkan di Tmall dan Taobao melalui program produk ramah rendah karbon sebagai Maret 2023, laporan ESG terbarunya terungkap.

Konsumen yang paling ingin mempelajari cara melakukan pembelian online yang lebih berkelanjutan adalah dari negara-negara berkembang di Asia.

Konsumen global merangkul gaya hidup yang lebih berkelanjutan, tetapi ada variasi di seluruh wilayah dalam hal tingkat keterlibatan dan cara mereka ingin hidup dan berbelanja secara lebih berkelanjutan.

Penelitian ini menemukan sekitar tiga dari empat konsumen (76%) terbuka untuk menerima lebih banyak informasi tentang bagaimana menjadi lebih berkelanjutan. Proporsi tertinggi terdapat di Filipina (93%), Indonesia (91%), dan UEA (90%).

Lebih dari setengah (58%) konsumen mengatakan bahwa mereka telah terlibat dengan praktik berkelanjutan dan mereka merasa telah melakukan banyak hal secara pribadi. Selain itu, ada juga yang secara umum terbuka terhadap pembelajaran tentang praktik online yang berkelanjutan, dengan rata-rata 73% mengatakan bahwa mereka akan menerima lebih banyak informasi tentang cara melakukan pembelian online yang lebih berkelanjutan.

Responden dari pasar negara berkembang Asia (88%) menunjukkan keinginan yang lebih tinggi untuk mempelajari cara melakukan pembelian online yang lebih berkelanjutan dibandingkan dengan pasar Asia maju (66%) dan Eropa (66%). Perilaku belanja online berkelanjutan juga berbeda di setiap wilayah, dengan pasar di negara berkembang di Asia (47%) lebih cenderung memilih kemasan ramah lingkungan sedangkan di Eropa (47%) cenderung lebih banyak mendaur ulang.

Setengah dari konsumen hanya akan berkelanjutan jika nyaman; dengan sepertiga percaya keberlanjutan tidak terjangkau

Kurangnya informasi tentang bagaimana sebuah produk berkelanjutan (sustainable) (48%) dan harga produk berkelanjutan yang terlalu tinggi (45%) disebut sebagai hambatan utama bagi konsumen untuk melakukan pembelian yang lebih berkelanjutan.

Lebih dari separuh konsumen (53%) yang disurvei mengatakan bahwa mereka hanya akan membuat pilihan berkelanjutan jika nyaman, yang terutama terjadi di pasar Asia (61%) dibandingkan dengan pasar Eropa (36%). Sepertiga (33%) mengatakan hidup berkelanjutan tidak terjangkau, dengan Thailand (84%) memimpin, diikuti oleh UEA (41%) dan Spanyol (37%).

Di tengah pergeseran sentimen konsumen, bisnis dapat memainkan peran penting dalam memudahkan konsumen membuat pilihan sadar yang berkelanjutan, menurut laporan tersebut. Membuat produk berkelanjutan lebih terjangkau (61%), membuat lebih sedikit produk yang menggunakan plastik dan kemasan sekali pakai (55%), dan pilihan produk dan layanan berkelanjutan yang lebih luas (47%) adalah tiga cara teratas yang menurut konsumen dapat dilakukan bisnis untuk mempromosikan konsumen keberlanjutan.

Tetapi bisnis perlu bekerja lebih keras untuk membangun kepercayaan di antara konsumen atas klaim keberlanjutan mereka, terutama di antara mereka yang tinggal di pasar Eropa, kata penelitian tersebut. 23% konsumen mengatakan mereka "tidak terlalu percaya" klaim seputar keberlanjutan produk dari bisnis, dengan proporsi tertinggi di Perancis (31%), Spanyol (31%) Jerman (30%) dan Inggris (30%).

Hampir dua dari lima konsumen (38%) bersikap sinis terhadap motivasi yang mendasari produk berkelanjutan bisnis, dengan Thailand (56%), Prancis (48%), dan Singapura (47%) sebagai tiga pasar teratas di mana konsumen mengatakan produk berkelanjutan adalah hanya cara bagi perusahaan untuk menjual produk mereka dengan harga yang lebih tinggi.

"Kami percaya perusahaan dapat memperoleh kepercayaan yang lebih baik dari konsumen dengan mengatasi kesenjangan "say-do" mereka sendiri, seperti menjadi lebih transparan dan berkomitmen dengan klaim keberlanjutan mereka, dan mendukung praktik berkelanjutan mereka dengan data. Hal ini juga akan menghasilkan empati yang lebih besar terhadap konsumen sepanjang perjalanan keberlanjutan kita bersama," tambah Liu Wei.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year