telkomsel halo

Digital Hub BSD City tuan rumah Google IO Extended Jakarta 2023

07:30:00 | 18 Jul 2023
Digital Hub BSD City tuan rumah Google I/O Extended Jakarta 2023
JAKARTA (IndoTelko) - Dalam pengembangan bisnisnya, Sinar Mas Land sangat fokus pada ekonomi digital nasional. Sinar Mas Land bergiat menyediakan sarana dan prasarana agar bidang ini dapat berkembang dengan optimal. Keseriusan perusahaan ini dapat dilihat melalui pembangunan kawasan Digital Hub yang dibangun secara masif, khususnya gedung Knowledge Hub yang telah melalui proses topping off pada awal tahun ini.

Pengembangan ini pun kini dipilih Google Developer Groups (GDG) Jakarta sebagai grup developer lokal yang tertarik dengan produk dan API dari Google untuk menyelenggarakan acara Google I/O Extended. Tahun ini, acara Google I/O Extended mengangkat topik pengembangan Android Mobile, Front End dan pengembangan Ekosistem Web, serta pengerjaan terbaik untuk Firebase. Acara ini diselenggarakan pada Sabtu (15/7) di Auditorium Green Office Park (GOP) 9, BSD City.

Acara ini diisi dengan berbagai rangkaian acara di antaranya Tech Talk dan Networking yang menghadirkan 6 praktisi dari perusahaan teknologi maupun Google Developer Expert sebagai pembicara. Google I/O Extended dihadiri oleh ratusan orang meliputi pengembang software profesional, google developer experts, technical leaders, pekerja digital, pelajar, dan para pegiat teknologi.

Dikatakan Lead Organizer Google Developer Groups (GDG) Jakarta, P. Adhi Nugroho, Ia senang dengan adanya Sinar Mas Land mendukung komunitas kami dalam memberikan lingkungan yang kondusif untuk saling bertukar ilmu pengetahuan, dan berjejaring guna menghadirkan pengalaman yang luar biasa bagi para pegiat teknologi untuk saling berkolaborasi. "Dalam kerja sama ini, kami berharap dapat mewadahi semangat untuk berinovasi pegiat teknologi dan membuat dampak yang signifikan bagi komunitas teknologi di Indonesia," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, CEO Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap menambahkan, Google telah membantunya dalam edukasi teknologi digital melalui program Digital Hub Goes To Campus. "Saat ini, Sinar Mas Land pun mengambil langkah untuk mendukung program Google Developer Groups. Kami harap agenda ini bisa membuka peluang kerja sama yang lebih besar sehingga kedua perusahaan dapat menjangkau dan memberdayakan masyarakat yang lebih luas," katanya.

Google I/O Extended merupakan acara tahunan bagi komunitas dimana GDG memberikan informasi terbaru terkait solusi pengembangan, produk, dan teknologi yang dikembangkan perusahaan. GDG Jakarta membantu para pengembang teknologi untuk belajar, berinteraksi, berkreasi, berinovasi, membangun, dan tumbuh bersama. Program ini diproyeksikan agar dapat menjadi sumber yang sangat membantu pengembang teknologi lokal untuk belajar dalam seluruh platform yang ada di ekosistem Google. Dalam acara ini, GDG juga berkolaborasi dengan Women Techmakers Jakarta untuk menjunjung kesetaraan dan memperkuat daya perempuan yang bergerak di bidang teknologi.

Sinar Mas Land turut mengambil bagian dengan menghadirkan kawasan Digital Hub seluas 25,86 hektare pada 2017 lalu. Kawasan ini ditujukan bagi komunitas dan sejumlah perusahaan teknologi dan digital, mulai dari startup, technology leaders, hingga institusi pendidikan di bidang teknologi informasi (TI) science.

Hingga kini, pengembangan secara fisik infrastruktur dan fasilitas kawasan Digital Hub juga terkoneksi langsung dengan perkantoran GOP. Kawasan perkantoran tersebut telah menjadi rumah bagi sejumlah perusahaan nasional hingga multinasional di antaranya Unilever, Traveloka, NTT Data, SIRCLO, MyRepublic, KlikDokter, SWAP, Monash University, dan sejumlah perusahaan teknologi terkemuka lainnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year