telkomsel halo

Kerjasama Snowflake dan NVIDIA hadirkan AI generatif di data cloud

06:09:00 | 11 Jul 2023
Kerjasama Snowflake dan NVIDIA hadirkan AI generatif di data cloud
JAKARTA (IndoTelko) - Baru-baru ini perusahaan Data Cloud, Snowflake dan NVIDIA mengumumkan bahwa kemitraannya untuk membantu percepatan langkah dalam menciptakan aplikasi AI generative yang disesuaikan bagi semua bisnis dari berbagai ukuran menggunakan data hak milik mereka. Semuanya dilakukan dengan aman menggunakan Snowflake Data Cloud.

Dengan platform NVIDIA NeMo untuk mengembangkan Large Language Models (LLMs) dan GPU NVIDIA-komputasi yang dipercepat, Snowflake memungkinkan perusahaan menggunakan data di akun Snowflake mereka untuk membuat LLMs khusu untuk layanan AI generatif yang canggih, meliputi chatbots, fitur pencarian dan peringkasan. Kemampuan untuk menyesuaikan LLMs tanpa memindahkan data memungkinkan informasi kepemilikan tetap aman dan diatur sepenuhnya dalam platform Snowflake.

Chairman dan CEO Snowflake Frank Slootman mengatakan, "Kemitraan Snowflake dengan NVIDIA akan menghadirkan teknologi machine learning dan artificial intelligence berkinerja tinggi untuk data perusahaan yang terstruktur dan data hak milik kami dalam jumlah besar, sebuah teknologi baru yang menghadirkan wawasan, prediksi, racikan yang belum pernah ada sebelumnya ke dunia bisnis global."

Pada kesempatan yang sama, Pendiri dan CEO NVIDIA, Jensen Huang mengatakan, data merupakan hal penting dalam pembuatan aplikasi AI generatif yang memahami pekerjaan rumit serta pendapat yang unik dari setiap perusahaan.

"Bersama-sama, NVIDIA dan Snowflake akan menciptakan perusahaan teknologi AI yang membantu perusahaan mengubah data berharga milik mereka menjadi model AI generatif khusu untuk mendukung terobosan aplikasi baru yang inovatif langsung dari platform cloud yang mereka gunakan untuk menjalankan bisnis mereka," tambahnya.

Kolaborasi keduanya menghadirkan peluang baru bagi perusahaan. Hal ini memungkinkan perusahaan menggunakan data hak milik mereka, yang dapat berkisar dari ratusan terabyte hingga ratusan petabyte informasi bisnis yang masih mentah dan terpilih, untuk membuat dan menyempurnakan LLMs kustom, di mana data tersebut akan mendukung aplikasi dan layanan khusus bisnis.

Mengintegrasikan teknologi AI dari Snowflake dan NVIDIA, pelanggan dapat dengan cepat dan mudah membangun, menerapkan, dan mengelola aplikasi khusus yang menghadirkan kekuatan teknologi AI generatif ke semua bagian bisnis mereka di berbagai penggunaan. Selain itu, memperluas kemampuan teknologi AI pada Data Cloud memungkinkan pelanggan menciptakan aplikasi AI generatif di mana data mereka yang sudah terkelola sudah berada di sana. Hal ini dapat menghemat biaya serta mengurangi latensi secara signifikan selagikus menjaga keamanan data mereka.

Dikatakan analis utama bagian komputasi tingkat lanjut untuk AI di grup riset teknologi Omdia, Alexander Harrowell, banyak perusahaan, lebih banyak dari perkiraannya melatih atau setidaknya menyempurnakan model AI mereka sendiri karena mereka semakin menghargai nilai aset data yang mereka. "Selain itu, perusahaan mulai mengoperasikan armada model AI yang lebih beragam untuk aplikasi khusus bisnis. Mendukung mereka dalam trend ini merupakan salah satu peluang terbesar di sektor ini," jelasnya.

Dengan jumlah pelanggan lebih dari 8000 di seluruh dunia (per 30 April 2023), Snowflake Data Cloud menghadirkan kemampuan pada perusahaan untuk menyatukan, mengintegrasikan, menganalisa, dan berbagi data di seluruh organisasi mereka, juga dengan pelanggan, mitra, pemasok, dan lainnya. Pelanggan juga dapat membangun dan berbagi aplikasi data terdepan dalam skala besar dengan Data Cloud.


Platform terpadu dari Snowflake menawarkan Data Cloud khusus industri guna membantu menghadirkan solusi inovatif di berbagai vertikal dan lini bisnis, yang mencakup bisnis periklanan, media dan hiburan, layanan keuangan, layanan kesehatan dan ilmu hayat atau life science, manufaktur, ritel, dan CPG, teknologi dan telekomunikasi. Baru-baru saja, Snowflake meluncurkan Government and Education Data Cloud yang memungkinkan pengambilan keputusan berbasis data bagi sektor publik.


Kolaborasi Snowflake dan NVIDIA akan semakin memungkinkan pelanggan mengubah industri ini dengan membawa aplikasi AI generatif yang disesuaikan ke berbagai integrasi vertikal dengan Data Cloud. Sebagai contoh, model asuransi kesehatan dapat menjawab pertanyaan rumit tentang prosedur apa yang tercakup dalam berbagai perancangan. Sebuah model layanan keuangan dapat membagikan detail terkait peluang pinjaman khusus yang tersedia bagi pelanggan ritel dan bisnis berdasarkan berbagai keadaan.

NVIDIA Nemo sendiri merupakan platform perusahaan cloud-native untuk membangun, menyesuaikan, dan menerapkan model AI generative dengan miliaran parameter. Snowflake berencana untuk meng-hosting menjalankan NeMo di Data Cloud, yang memungkinkan pelanggan untuk membangun, menyesuaikan, dan menerapkan LLMs kustom yang digunakan untuk aplikasi AI generatif, seperti chatbots dan pencarian pintar. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year