telkomsel halo

Lebih dekat tentang margin trading dalam investasi saham

14:31:00 | 25 Jun 2023
Lebih dekat tentang margin trading dalam investasi saham
JAKARTA (IndoTelko) - Saham saat ini menjadi salah satu instrumen investasi favorit di kalangan masyarakat, khususnya Millennial. Meleknya generasi ini akan literasi keuangan dan kesadaran pentingnya investasi membuat angka investor saham pun terus melejit.

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, total jumlah investor di pasar modal Indonesia per 2022 telah meningkat 37,5 persen menjadi 10,3 juta investor dari sebelumnya 7,48 juta investor per akhir Desember 2021.

Selain itu, investasi di saham saat ini pun tidak sulit. Investor hanya cukup membuka rekening di perusahaan sekuritas seperti Ajaib Sekuritas yang melayani proses pendaftaran 100% online dan cepat sehingga langsung bisa investasi di saham.

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih menjelaskan saham merupakan salah satu instrumen investasi yang diyakini dapat memberikan imbal hasil yang relatif tinggi di masa depan, apalagi jika memilih berinvestasi pada saham perusahaan yang memiliki kinerja baik dan punya prospek bisnis yang menjanjikan.

Banyak cara untuk dapat meningkatkan potensi keuntungan dari investasi saham, salah satunya adalah memanfaatkan fasilitas margin trading. Investor dapat meningkatkan daya beli dengan menjaminkan saham yang dimiliki untuk memperoleh pinjaman modal dari perusahaan sekuritas. Melalui fasilitas margin trading, nasabah memiliki kapasitas untuk bertransaksi saham lebih besar dari modal yang dimiliki.

"Margin trading adalah fasilitas yang dapat meningkatkan daya beli dengan menjaminkan saham yang kita miliki untuk memperoleh pinjaman modal dari perusahaan sekuritas. Melalui fasilitas margin trading, nasabah memiliki kapasitas untuk bertransaksi saham lebih besar dari modal yang dimiliki," kata Ratih.

Namun, Ratih mengingatkan risiko margin trading, yaitu ada kewajiban pengembalian pinjaman beserta bunga yang telah ditentukan oleh pihak sekuritas. Jika terjadi wanprestasi atau nasabah gagal membayar dana pinjaman, maka akan dilakukan penjualan paksa (forced sales) atas saham yang dimiliki pada akun Margin Investor guna menurunkan margin ratio sesuai batas yang disyaratkan.

"Berhubung penggunaan fasilitas margin trading ini dikenakan bunga dan saham yang dibeli dijadikan jaminan oleh pihak sekuritas, maka diperlukan strategi matang untuk menggunakannya untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dalam trading saham," kata Ratih.

Ratih menenkankan penting bagi setiap trader untuk mengevaluasi selera risiko dan kemampuan finansial mereka sebelum melangkah ke dunia perdagangan margin. Ratih menyarankan setiap investor yang menggunakan fasilitas margin trading untuk mengaktifkan fitur Stop Loss.

Fitur Stop Loss adalah strategi jual saham otomatis untuk membatasi kerugian ketika harga pasar turun ke batas yang sudah ditentukan. "Setiap investor Margin Trading sebaiknya mengaktifkan fitur ini untuk meminimalisir risiko," kata Ratih.

Selain itu, investor juga perlu memilih sekuritas yang mumpuni untuk margin trading demi mendapat layanan yang beragam dan mumpuni, serta potensi keuntungan yang maksimal. Tidak semua perusahaan sekuritas menyediakan fasilitas margin trading.

Ajaib menjadi salah satu sekuritas yang menyediakan Fasilitas Margin dengan syarat dan fasilitas menarik. Untuk mengaktifkan fasilitas margin trading di Ajaib, Investor harus membuka akun Margin Trading Ajaib Sekuritas dan memiliki jaminan yang bernilai setidaknya Rp200 juta, yang terdiri dari kepemilikan saldo RDN, saham margin, atau kombinasi antara keduanya.

Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan fasilitas margin di Ajaib, seperti proses pembukaan akun Margin Trading Ajaib memakan waktu 1-3 hari kerja bursa, hingga permintaan Buying Power Margin hingga 2,85x dari jaminan yang dapat diajukan ke Relationship Manager Investor masing-masing.

Untuk melengkapi kepercayaan pengguna, Ajaib juga menyediakan layanan chat dengan relationship manager yang telah berizin dan ribuan Investor lain untuk belajar investasi bersama. Sedangkan dalam hal keamanan dalam berinvestasi, Ajaib juga sudah berizin diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).(pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year